Wabup Pantau UN SMP

BOGANINEWS, BOLSEL – Wakil Bupati (Wabup) Bolmong Selatan (Bolsel), Iskandar Kamaru SPt, memantau pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Molibagu, pada Selasa (02/05).
Selain melakukan pantauan langsung, Wabup juga membuka naskah UN tingkat SMP. Wabup meminta kepada seluruh peserta UN agar teliti dalam mengisi jawaban. “Jangan terburu-buru mengisi lembaran jawaban, gunakan waktu dengan sebaik mungkin,” kata Wabup. Peserta juga diminta harus fokus dan teliti, serta mengikuti semua panduan yang sudah diberikan guru pada saat try out lalu.
Para peserta juga diberikan arahan sebagai putra-putri terbaik daerah, yang kelak akan menentukan nasib Bolsel. “Sebagai generasi penerus, jangan rusak diri kalian dengan hal-hal negatif. Apalagi sampai mengkonsumsi minuman keras, Narkoba dan zat adiktif lainnya. Itu bisa merusak fungsi otak dan syaraf kalian,” terang Wabup.
Sebagai generasi penerus kata Wabup, generasi muda harus percaya diri dan optimis untuk menggapai cita-cita. Semua harus melanjutkan sekolah hingga ke perguruan tinggi. Apalagi Pemkab terus memberi rangsangan untuk menunjang dunia pendidikan. “Jangan berhenti sampai di tingkat SMP. Terus berjuang hingga ke perguruan tinggi,” pintanya.
Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Ramli Majid melalui Kabid Dikdas Rante Hattani menjelaskan, peserta UN tingkat SMP tahun ajaran 2016/2017 berjumlah 1157. Jumlah tersebut, tersebar di 10 sekolah negeri dan 5 swasta. Untuk sekolah Negeri katanya, peserta berjumlah 982 sedangkan swasta 175 siswa.
“Ini berdasarkan DNT (Daftar Nominatif Tetap). Hingga hari pertama pelaksanaan, belum ada laporan dari masing-masing sekolah, ada peserta yang tidak ikut,” terang Rante. Lanjutnya, UN SMP akan berlangsung selama 4 hari dengan mata pelajaran, Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia dan IPA. “Per hari, siswa menyelesaikan satu bidang studi,” ucapnya.
Dikatakannya, dengan persiapan matang lewat pengayaan dan try out, diharapkan para siswa bisa maksimal dalam menjawab soal agar bisa mendapat nilai yang diharapkan. “Semoga peserta UN lulus seratus persen,” harapnya. (HBO)

Komentar