Sosialisasi Bumdes Dapat Dukungan Dewan Bolmut

BOGANINEWS, BOLMUT – Sosialisasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang dilakukan tim tenaga ahli pendamping dana desa, mendapat dukungan dari DPRD Bolmong Utara (Bolmut).

Seperti disampaikan anggota DPRD Bolmut Abdul Eba Nani, bahwa BUMDes ini jika dikelola dengan profesional bisa cepat berkembang. Sehingga, dengan adanya sosialisasi dari tim ahli, akan sangat membantu pengelolaan BUMDes. “Untuk anggaran dasar dan rumah tangga BUMDes, harus disesuaikan dengan kondisi sosial masyarakat. Juga tidak mengabaikan kearifan lokal yang ada di desa,” jelas Eba.

Lanjutnya, pengelolaan keuangan harus transparan, agar tidak akan terjadi konflik dalam manajemen. Selain itu, para pengurus minimal harus mengetahui garis-garis besar akuntansi dalam mengelola anggaran. “Harus ada orang yang mengerti tentang manajemen, agar tidak ada kekeliruan dalam mengelola keuangan BUMDes,” terangnya.

Terpisah, koordinator pendamping dana desa Abdul Salam menjelaskan, sosialisasi ini dilaksanakan untuk mensikronisasi persepsi, agar dikemudian hari tidak terjadi kesalahan dalam laporan pertanggungjawaban. “Jadi sosialisasi ini sangat penting untuk pengelolaan BUMDes,” ucapnya. (WaOne)

Komentar