Pengelolaan PPI Dudepo Diserahkan Kepada Pemkab Bolsel

BOGANINEWS, BOLSEL – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) dengan resmi menyerahkan pengelolaan Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Dudepo, kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong Selatan (Bolsel).

Penyerahan PPI tersebut dilaksanakan Kamis (30/03), bersamaan dengan pembukaan kegiatan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Perikanan dan Kelautan di kantor Bupati Bolsel. Kepala Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan (DPPKP) Bolsel, Surahmad Sugeng Purwono mengatakan, kerja sama pengelolaan PPI Dudepo diserahkan oleh Asisten II Pemprov Sulut Rudi Mokoginta, kepada Wakil Bupati (Wabup) Iskandar Kamaru.

“Kerja samanya telah ditandatangani Asisten dua Pemprov dan Pak Wabup Bolsel,” kata Sugeng. Lanjutnya, dalam kerjasama tersebut, pihak Pemkab diberikan kewenangan untuk mengelola PPI dengan sistem bagi hasil. Selain itu, diberikan juga kesempatan untuk mengembangkan dan memanfaatkan pelabuhan sesuai kebutuhan daerah. “Untuk peningkatan pelabuhan sudah bisa kami lakukan,” ujar Sugeng.

Sementara, untuk memaksimalkan fungsi pelabuhan ikan, Pemkab akan membuat regulasi seperti pengadaan retribusi untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). “Regulasinya akan kita buat, agar pengelolaan PPI bisa maksimal,” jelasnya. (Alan)

Komentar