Wakil Rakyat Bolsel Turun Reses

BOGANINEWS, BOLSEL – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) mulai Rabu (8/3) menggelar reses di Tiga Daerah Pemilihan (Dapil).

Tiga Dapil ini masing-masing Posigadan, Bolaang Uki dan Pinolosian Bersatu. Reses yang digelar para anggota dewan ini, dalam rangka menyerap aspirasi masyarakat di masing-masing Dapil. Anggota dewan yang turun reses dari berbagai fraksi ini, turut didampingi oleh staf sekertariat DPRD Bolsel. Untuk Dapil Bolaang Uki, dihadiri oleh Abdi Van Gobel (Ketua DPRD), Abdul Razak Bunsal (Wakil Ketua I), Fadly Tuliabu (Wakil Ketua II), Sukri Adam, Sunardi Kadullah, James Lontoh dan Marsel Aliu.

Sementara, di Dapil Pinolosian Bersatu dihadiri oleh Dedi Abdul Hamid, Ruslan Paputungan, Salman Mokoagow, Petrus Keni. Irma Dilapanga, Marini Suryadiharja, Supatia Kobandaha. Begitu juga Dapil Posigadan anggota DPRD yang turun reses diantaranya, Riston Mokoagow, Jalaludin Botutihe, Dedi Sabihi, Yolman Tempongbuka, Harson Mooduto, Hartina Badu.

Saat turun reses, berbagai aspirasi yang dijaring dan diperoleh selama melaksanakan kegiatan ini. Diakui Ketua DPRD Abdi van Gobel, masyarakat yang mengajukan usulan atau aspirasi pada reses kali ini akan berupaya ditindaklanjuti. “Aspirasi masyarakat yang ada, bisa ditindaklanjuti pada penganggaran berikutnya,” kata Abdi.

Lanjutnya, usulan baru bisa masuk atau dianggarkan pada penyusunan anggaran berikutnya, dan bukan sekarang karena harus melalui berbagai proses agar usulan tersebut bisa masuk dalam anggaran Pemerintah Daerah. “Pada reses kali ini, masyarakat banyak menyampaikan aspirasi yang benar-benar menjadi pokok persoalan di daerah mereka masing masing,” terangnya.

Sementara itu, Sangadi Desa Bakida Rislan Ibrahim, saat bersuah di acara reses kemarin mengaku, menyambut baik kegiatan reses yang dilaksanakan anggota dewan ini. “Kegiatan reses seperti ini bisa menjadi sarana komunikasi antara DPRD dengan masyarakat. Sehingga. anggota DPRD akan mengetahui secara langsung berbagai permasalahan yang ada di masyarakat,” ucapnya.

Senada yang disampaikan Anwar Stirman Sangadi Desa Transpatoa, reses sangat penting dan dibutuhkan oleh masyarakat pada umumnya dan secara khusus Pemerintahan Desa. “Pemerintah desa jelas sangat perlu membangun komunikasi dengan Anggota DPRD, karena dapat membantu kami dalam mengimplementasikan peningkatan kualitas sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh masyarakat,” terangnya.

Diketahui, sebagian besar usulan atau aspirasi yang diterima dari masyarakat berupa pembangunan, perbaikan, rehabilitasi, jalan kebun, jembatan, talud, saluran air, dan tempat ibadah serta perhatian khusus untuk aspek pariwisata, pendidikan dan kesehatan. (Alan)

Komentar