Bolsel Raja Pisang Raja

BOGANINEWS, BOLSEL – Petani pisang yang ada di Kabupaten Bolmong Selatan (Bolsel), kedepan tidak lagi kesulitan memasarkan hasil pertanian mereka.

Seperti dikatakan Camat Tomini Suprin Mohulangio, belum lama ini pemerintah telah menemui investor di Bali yang siap menampung pisang dengan jumlah besar. “Saya ada pertemuan dengan pihak pimpinan PT. Lentera di Bali. Mereka siap membeli hasil pertanian pisang raja yang ada di Kecamatan Tomini dan sekitarnya,” kata Suprin.

Menurut Suprin, masyarakat di Kecamatan Tomini saat ini memiliki ratusan hektar lahan yang ditanami pisang raja. “Selain akan menjadi pemasok pisang raja, kita juga akan menjadi agen pisang. Setiap minggu kita diminta menyiapkan 800 ton pisang raja,” jelasnya.

Lanjutnya, jika kerja sama dengan investor ini berjalan dengan baik, maka BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) akan diberdayakan. Dimana setiap penjualan pisang, harus melalui BUMDes. “Ini akan sangat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat,” akunya.

Dikatakannya, masyarakat Tomini dalam sehari dapat memproduksi sebanyak 30 sampai 40 ton pisang. Untuk saat ini hasil panen pisang yang ada dijual ke Gorontalo. “Masih ada pertemuan kedua dengan pihak investor. Insya Allah hasil pertemuan berikut bisa berjalan dengan baik,” tambahnya. (Alan)

Komentar