Bakohumas di Bolsel Berjalan Efisien

BOGANINEWS, BOLSEL – Kehadiran Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (Bakohumas) di Kabupaten Bolmong Selatan (Bolsel), dinilai sukses. Peran dari lembaga non struktural ini, dinilai penting sebagai forum koordinasi dan kerjasama antar unit kerja bidang kehumasan.

Menurut Kabag Humas Ahmadi Modeong, yang juga pejabat pengelola informasi dan dokumentasi pemerintah daerah, bahwa dengan terbitnya Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP), maka memberikan informasi kepada setiap badan publik merupakan kewajiban. “Ini untuk membuka akses bagi setiap pemohon yang ingin mendapatkan informasi publik. Kecuali beberapa informasi tertentu,” kata Modeong.

Lanjutnya, tujuan KIP diantaranya mendorong partisipasi masyarakat dalam proses pengambilan kebijakan publik, mengembangkan ilmu pengetahuan dan mencerdaskan kehidupan bangsa, juga meningkatkan pengelolaan dan pelayanan informasi di lingkungan badan publik untuk menghasilkan layanan informasi yang berkualitas.

“KIP mendorong terciptanya masyarakat yang cerdas, berpengetahuan luas, profesional dan akuntabel. Juga diperlukan kerjasama dan koordinasi kerja yang baik, efektif, efisien dan berkesinambungan antara pemerintah dengan stakeholder,” jelasnya.

Salah satu wartawan media cetak Biro Bolsel, Budi Mamonto mengatakan, pengelolaan informasi di Humas Bolsel, sejauh ini berjalan efisien. “Pejabat pegelola informasi dan dokumentasi, sangat pro aktif dalam memberikan informasi publik terhadap media massa. Ini patut di contohi daerah lain,” ucap Budi.

Lanjutnya, peran kehumasan di Bolsel, banyak membantu awak media dalam menjalankan tugas peliputan. “Ini adalah kemitraan yang baik untuk kepentingan penyebaran informasi di wilayah Bolsel,” tambahnya. (Alan)

Komentar