Beranda Boltim Roti Kukus Jadi Primadona Menu Buka Puasa Warga Nuangan

Roti Kukus Jadi Primadona Menu Buka Puasa Warga Nuangan

0
BAGIKAN
Roti Kukus

BOGANINEWS, BOLTIM – Setiap bulan Ramadhan, pastinya masyarakat muslim di setiap daerah selalu menyediakan menu berbuka puasa (Takjil) buat keluarganya. Namun kali ini ada yang berbeda dengan makanan khas (menu berbuka puasa) di Desa Nuangan, Kecamatan Nuangan Bersatu, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim).

Masyarakat di kampung ini selalu menyediakan menu berbuka puasa yaitu kue Roti Kukus isi ikan campur. Dari penuturan ibu Santima, kue Roti kukus ini adalah makanan khas masyarakat Nuangan setiap tahunnya di bulan ramadhan.

“Di bulan ramadhan tidak lengkap jika berbuka puasa tanpa menu roti kukus. Meski sudah ada menu berbuka puasa seperti buah segar, kue basah, kolak, es kelapa muda dan makanan lainnya, namun menu yang satu ini selalu spesial di bulan Ramadhan,” jelas Santima, Senin (20/5/2019).

Dijelaskannya, cara pengolahan kue roti kukus sangatlah praktis. Sehingga di setiap pasar ramadhan roti kukus selalu ada dan menjadi primadona masyarakat Nuangan.

“Rasanya enak, kenyal bercampur pedas dan berisikan laksa abon ikan yang di haluskan. Banyak yang menyebutnya roti kukus atau roti gulung kukus,” jelas Santima.

Lanjutnya, kue ini mirip dengan roti Bombay isi kacang hijau. Namun perbedanya kalu roti kukus tidak di pangang atau di bakar, tapi di kukus dengan air santan.

“Tradisi membuat takjil menu berbuka puasa roti kukus ini sudah puluhan tahun lamanya, sampai turun temurun ke anak cucu kita di Nuangan bersatu,” aku Santima. (Agung)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.