Nelayan dan TNI di Bolsel Ringkus Pelaku Ilegal Fishing

BOGANINEWS, BOLSEL – Puluhan nelayan asal Kecamatan Tomini bersama anggota TNI yang sedang melakukan kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD), berhasil meringkus 15 nelayan asal Kabupaten Gorontalo yang diduga sedang melakukan aktifitas iIegal fishing di tanjung Milangodaa Kecamatan Tomini.

Penangkapan para pelaku ilegal fishing tersebut, karena adanya informasi warga melalui Ketua BPD Pakuku Jaya Aswin Matulu, dan tokoh masyarakat lainnya, bahwa di sekitar tanjung Milangodaa, ada sekelompok nelayan asal Desa Bajo Kecamatan Tilamuta Kabupaten Gorontalo, sedang melakukan aktivitas ilegal fishing.

Mendengar informasi tersebut, anggota Unit Intel DPP Serka Frits. R. Manansal Dansub 1 Unit Intel Kodim 1303 Bolaang Mongondow bersama 2 orang anggota lainnya, Sertu Kardamong Mokodongan dan Serda Deni Suherwan, langsung melakukan koordinasi dengan pemerintah desa setempat, BPD, dan tokoh masyarakat untuk mengamankan para pelaku.

Sekira pukul 09.00 WITA, para anggota TNI dan puluhan nelayan setempat, langsung menuju lokasi TKP dan menggiring para nelayan pelaku ilegal fishing yang sedang menangkap ikan di wilayah perairan Bolsel. Setelah dilakukan pemeriksaan oleh Instansi terkait yakni Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP), para pelaku langsung diamankan ke Polsek Posigadan untuk proses hukum lebih lanjut.

Sejumlah barang bukti berupa 3 unit perahu dan 5 unit perahu lainnya yang digunakan untuk mengangkut jaring pukat harimau juga ikut diamankan petugas di tambatan Perahu Sanggar Desa Pakuku Jaya Posko Satgas TMMD ke-101.

Sementara itu, Wakil Bupati Bolsel Iskandar Kamaru, saat dikonfirmasi meminta agar instansi terkait segera turun ke lapangan. “Kepada Dinas Kelautan dan Perikanan untuk meneliti apakah aktivitas para nelayan ini memiliki izin atau tidak. Jika tidak ada izin, maka diproses secara hukum. Apalagi alat tangkap yang digunakan melanggar hukum atau tidak dibenarkan. Selaku selaku pemerintah, kami memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada masyarakat, terutama nelayan Desa Pakuku jaya dan Milangodaa Barat, aparat TNI yang ada di lokasi TMMD yang telah berupaya meringkus para pelaku yang kini sudah diamankan di Mapolsek Posigadan,” ucap Wabup. (Holan)

Komentar