Beranda Kotamobagu Alkohol Teknis Bakal Dikembangkan di Desa Sia’

Alkohol Teknis Bakal Dikembangkan di Desa Sia’

0
BAGIKAN
Herto Balansa
BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Pemerintah Desa Sia, Kecamatan Kotamobagu Utara, di tahun 2020 mendatang akan memanfaatkan anggaran Dana Desa (DD) untuk mengembangkan potensi air nira menjadi alkohol teknis.
“Akan ada kegiatan fermentasi air aren menjadi alkohol. Ini juga sudah diusulkan dan masuk dalam bursa Inovasi Desa tahun 2019. Pelaksanaan kegiatannya tahun 2020 mendatang,” kata Herto Balansa, Sangadi (Kepala Desa) Sia’ belum lama ini.
Dijelaskannya,  produksi air nira dihasilkan dari tanaman aren di desanya, setiap minggu mencapai rata-rata 40 galon. Dalam segelon berisi 25 liter.
“Ini sudah kami hitung semuanya sesuai jumlah potensi tanaman aren yang ada. Termasuk ketersediaan bahan bakunya. Jadi tinggal menunggu dana dan proses pelaksanaanya saja di tahun depan,” terangnya.
Menurutnya, di desa yang dipimpinnya itu sengaja di tanam pohon aren, sehingga jumlahnya bisa mencapai ribuan pohon.
“Pohon ini menjadi salah satu sumber pendapatan masyarakat disini. Karena masyarakat desa Sia’ juga sebagian besar mata pencahariannya adalah petani, ” jelasnya.
“Harapan kami kedepan dengan adanya kegiatan pengolahan air nirah ini,  Desa Sia bisa menjadi sentra produksi Alkohol teknis di Kota Kotamobagu,” harapnya.
Sesuai data dirangkum,  kebutuhan alkohol teknis di Sulawesi Utara kira-kira 100.000 liter/tahun, dan saat ini Alkohol teknis yang dipasarkan di Sulawesi Utara, sebagian besar didatangkan dari luar daerah yaitu dari Pulau Jawa.
Bahkan, kebutuhan alkohol teknis dari tahun ke tahun terus meningkat seiring dengan pertumbuhan industri farmasi dan medis. (Tr01/Ino)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.