Beranda Kotamobagu Terkait Temuan Bapeten, Ini Penjelasan RSUD Kotamobagu

Terkait Temuan Bapeten, Ini Penjelasan RSUD Kotamobagu

220
BERBAGI
RSUD Kotamobagu
RSUD Kotamobagu
BOGANINEWS, KOTAMOBAGU Terkait adanya temuan Bapeten terhadap belum memadainya fasilitas gedung radiologi RSUD Kotamobagu untuk digunakan, dibenarkan Kepala  Bagian Administrasi Umum RSUD Kotamobagu Hendri Kolopita.
Menurutnya, hal itu terjadi pada saat Inspeksi yang dilakukan oleh Bapeten pada  01 Juli tahun 2019 lalu.
“Bapeten merekomendasikan untuk memenuhi terlebih dahulu kekurangan fasilitas tersebut  dan memberikan waktu penyelesaiannya sampai pada 22 Desember 2019. “Saat itu, kami pihak RSUD menyurat ke Bapeten untuk meminta penangguhan, dan kemudian Bapeten mengabulkan hal tersebut dengan memberikan kami batas waktu sampai 31 Agustus 2020,” terangnya.
Dijelaskannya, di awal tahun 2020, terjadi Pandemi Covid-19, sehingga sedikit menghambat rencana, penyelesaian kekurangan tersebut.
“Kami meminta lagi perpanjangan waktu, dan diberikan sampai dengan 31 Desember 2020,” jelasnya.
Di tahun 2019, lanjut Hendri, pihak RSUD telah menganggarkan dana untuk rehabilitasi bangunan IBS.
“Ada 2 ruangan kamar operasi yang telah dilengkapi dengan timbale, atau penahan radiasi sebagaimana rekomendasi Bapeten saat inspeksi dilakukan di tahun tersebut,” katanya.
Pada tahun itu juga, dialokasikan anggaran pelatihan proteksi radiasi bagi petugas radiologi, dan juga pengadaan alat ukur proteksi radiasi tersebut.
Di tahun 2020, pihaknya kembali mengalokasikan dana, pembangunan lanjutan gedung radiologi.
“Pekerjaan lanjutan pembangunan itu meliputi pemasangan timbale di seluruh ruangan pemeriksaan, pemasangan kaca Pb pada seluruh pembatas antara ruang penyinaran dan ruangan operator, penambahan ruang tunggu untuk pasien rawat jalan, penggantian pintu berbahan baja yang dilapisi timbale, serta pemasangan vynil untuk lantai,” pungkasnya. (St/Mm)
Baca Juga:  Enam Personil Setwan Bolmut Ambil Bagian Diposko Perbatasan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here