KPU Boltim Gelar Bimtek Untuk Mengenalkan Aplikasi Silon Bagi Calon Perseorangan

BOGANINEWS, BOLTIM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), belum lama ini mengelar Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk mengenalkan aplikasi Sistem Informasi Calon (Silon) calon perseorangan pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Boltim tahun 2020.

Menurut Komisioner KPU Boltim Divisi Teknis Pelaksanaan, Abdul Kader Bachmid, mengatakan, aplikasi sistem Silon ini nantinya akan dipergunakan saat tahapan verifikasi pencalonan mendatang. “Bimtek penggunaan aplikasi Silon ini penting bagi calon perseorangan, selain itu juga ini penyerahan mandat dari pasangan calon perseorangan,” jelas Kader, Kamis (12/12/2019) kemarin.
Dijelaskannya, dalam bimtek ini hanya diikuti satu bakal calon dari jalur perseorangan atas nama Robby Mamonto, dan Rita Lamusu. “Bimtek ini sekaligus penyerahan username, dan password kepada LO bakal calon perseorangan atas nama Robby Mamonto, dan Rita Lamusu,” ungkapnya.

Dirinya juga menjelaskan, aturan main untuk bakal calon perseorangan di Pilkada 2020 memang agak lebih ribet.
“Mereka harus mengumpulkan foto copy KTP sebanyak 5.532 untuk dijadikan syarat pencalonan yang tersebar pada empat kecamatan dari tujuh kecamatan se-Boltim. Nah, adapun yang akan dilengkapi, seperti foto copy KTP kemudian harus dilampiri formulir B. 1-KWK. Berkas B.1 KWK adalah lembaran yang disediakan KPU sebagai penguat dan membuktikan bahwa data itu memang benar-benar valid. Disitu nanti menjelaskan nama, alamat yang bersangkutan, pekerjaan, juga harus dipetakan tempat tinggalnya,” jelasnya.
Sementara itu, Ketua KPU Boltim Jamal Rahman Iroth berharap, apa yang disampaikan dalam sosialisasi itu bisa dipahami dan dimengerti, maka dipastikan tahapan pencalonan dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati nanti akan berjalan lancar. “Pahami atauran dan mekanismenya. Kalau semua paham dan mengerti aturan–aturan terkait, kami yakin tahapan ini tidak akan ada kendala dan permasalahan,” katanya. (Advetorial)

Komentar