Kondisi Pandemik Covid-19, Sehan Canangkan Gerakan Menanam Bagi Seluruh ASN dan Masyarakat Boltim

BOGANINEWS, BOLTIM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim), menggelar kegiatan menanam, agar lahan kosong bisa dimanfaatkan, sekaligus dalam menghadapi krisis ekonomi di tengah pandemi virus corona atau Covid-19. Tujuan kegiatan tersebut, agar ketersediaan pangan di daerah tercukupi.
Acara pencanangan Aparat Sipil Negara (ASN) menanam ini, bertempat di lahan kosong yang berada di areal perkantoran Pemkab Boltim, Jumat (5/6/2020). Kegiatan ini dipimpin langsung Bupati Boltim Sehan Salim Landjar, SH, yang di ikuti seluruh SKPD.
Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan, bahwa SKPD menanam nantinya akan lebih diperluas cakupannya, sehingga menjadi Boltim menanam.

“Hari ini kita sudah mulai. Kita ketahui bahwa akibat dari pandemi Covid-19, ada sedikit kepanikan di masyarakat bahkan kepanikan global. Sehingga semua aktifitas sendi kehidupan termasuk kegiatan di bidang ekonomi terhambat, bahkan stagnan,” ungkap Bupati.
“Namun di tengah kepanikan akibat pandemi, kita tidak perlu berhenti beraktifitas. Kita harus tetap beraktivitas karena sehebat apapun virus corona, ia tidak boleh menundukan manusia. Caranya hanya dengan mengenali karakter virus tersebut, bagaimana dia menyebar, bagaimana pengaruhnya dan bagaimana cara mengatasinya,” terang Landjar.
Lanjutnya, apa yang dilakukan hari ini adalah bagian dari menghadapi efek atau dampak dari Covid-19.
“Kedepan lahan untuk menanam akan diperluas sehingga petani juga bisa menanam. Muda-mudahan pandemi ini akan cepat berakhir. Kita tidak bole lalai, karena pada pertengahan bulan Juni ini, curva penyebaran akan cenderung menurun sehingga aktifitas kita akan pulih seperti sediakala, walaupun recovery ekonomi diprediksi sampai pada tahun 2022,” papar Bupati dua periode ini.
Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Boltim, Ir. Setiono juga menyampaikan, pelaksanaan acara menanam hari ini adalah yang pertama. Melaksanakan realisasi dari surat edaran Menteri Pertanian, bahkan mungkin secara Nasional ini yang pertama.
“Tujuan dari gerakan SKPD menanam ini adalah untuk mengajak dan merangsang masyarakat ikut serta bersama-sama melaksanakan penanaman komoditi pangan lokal untuk mencegah kelangkaan bahan dan krisis pangan. Juga untuk meningkatkan semangat menanam bagi ASN di lingkup Pemda Boltim, serta tersedianya bahan pangan bagi masyarakat yang berkualitas dan seimbang bagi pemenuhan gizi masyarakat,” jelasnya.
Turut hadir pada acara tersebut. Kapolres Boltim, Perwira Penghubung Mewakili Dandim, Ketua KNPI Boltim, Sekretaris Daerah, para asisten, staf ahli, pimpinan SKPD/OPD dan seluruh ASN. (Advetorial)

Komentar