Beranda Boltim 18 Unit Kios di Pasar Iyok Siap Ditempati Pedagang

18 Unit Kios di Pasar Iyok Siap Ditempati Pedagang

0
BERBAGI
Archans Daud
BOGANINEWS, BOLTIM – Pembangunan dan penataan sarana dan prasarana sebanyak 18 unit kios dengan angaran 1,4 Miliar bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK), telah rampung dan segera di salurkan ke pedagang yang berada di pasar Desa Iyok Kecamatan Nuangan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim).

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop UKM), Kabupaten Boltim, melaui Kabid Perdagangan dan Pasar Archans Daud, mengatakan proyek kios yang dikerjakan pada tahun 2019 sudah rampung dan kini tinggal menunggu penempatan para pedagang.

“Kami tinggal menunggu instruksi dari pimpinan yaitu pak Bupati, untuk pemberian kunci kios kepada pedagang. Sebelumnya sudah ada beberapa pedagang yang memasukan permohonan ke Dinas, selanjutnya kita akan ajukan ke Sekda baru ke Bupati, untuk segera mereka (Pedagang) tempati. Untuk pedagang yang akan berjualan di kios itu, secepatnya kami akan serahkan kuncinya,” jelas Archans Daud, Selasa (14/1/2020)

Lanjutnya, untuk pasar Iyok sebelumya sudah ada pedagang yang aktif juga beroprasi lama. Namun setelah di bagun lagi 18 kios yang baru dengan angaran 1,4 Miliar untuk bagunanya dan ditambah pemasangan paving blok, maka total anggarannya 1,6 Miliar.

“Syarat untuk mendapatkan kios, mereka harus memiliki usaha dan memasukan permohonan yang di tujukan ke Dinas Disperindagkop UKM, bahwa yang bersangkutan akan melakukan aktifitas berdagang seperti jualan Sembako dan lain-lain. Tentunya kami juga prioritaskan orang di sekitar pasar,” jelasnya.

Pihaknya juga sudah berupaya menata pedagang yang ada, agar mereka menempati lokasi pasar yang telah disediakan oleh pemerintah.

“Pemerintah sudah memberikan fasilitas kios dan lapak tempat berjualan. Selain itu, kami juga berupaya menata mereka agar tidak sembarangan berjualan dijalanan. Pasar akan di tata agar teratur, bersih dan indah. Untuk 18 kios Bupati gratiskan ke pedagang yang mau berjualan. Ini upaya kita menarik minat para pedagang dahulu, agar lokasi pasar hidup dan ramai oleh pedagang dan pembeli,” terangnya.

Terinformasi untuk pasar Buyat sudah beroperasi tadi pagi, karena yang lalu mereka keluhkan masalah akses jalan masuk, namun sekarang sudah bagus jalanya.

“Pekan lalu masyarakat, perangkat desa dan pedagan sudah kerja bakti di lokasi pasar. Kurang lebih puluhan pedagang yang tinggal dan berdagang di situ. Sedangkan untuk pasar Motongkad pekan depan akan di atur,” terangnya. (Agung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.