Beranda Bolmong Pemkab Bolmong Siapkan Anggaran Berapapun untuk Pencegahan dan Penanganan Covid-19

Pemkab Bolmong Siapkan Anggaran Berapapun untuk Pencegahan dan Penanganan Covid-19

0
BAGIKAN
Yasti Soepredjo Mokoagow
BOGANINEWS, BOLMONG – Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Yasti Soepredjo Mokoagow telah mempersiapkan anggaran berapapun yang dibutuhkan Dinas Kesehatan dan rumah sakit untuk pencegahan dan penanganan Covid-19 atau yang dikenal dengan nama virus corona.
Yasti mengatakan ia telah mengisntruksikan Kepala Bagian Keuangan untuk menyiapkan anggaran pencegahan Covid-19 seberapapun yang dibutuhkan Dinas Kesehatan dan rumah sakit.
“Seberapapun anggaranya. Karena, harapan dan doa kita Insya Allah rakyat Bolmong tidak ada yang menjadi suspect Corona. Itu doa dan harapan, sehingga pencegahan betul-betul kita lakukan segala upaya anggaran berapapun kita harus siap,” kata Yasti, Senin (23/3) malam via seluler.
Selain itu, kata Yasti, ia juga sudah meminta Kadis Kesehatan harus siapkan Alat Pelindung Diri (ADP) sebanyak 2000 set karena di Indonesia susah sekali cari APD ini. Begitu juga masker dan rapid tes. “Kita siapkan semua sesuai dengan kebutuhan Dinas Kesehatan dan rumah sakit. Di Puskesmas-Puskesma juga kita siagakan. Bahkan hingga di desa-desa juga kita akan siapkan, paling tidak alat pengukur suhu tubuh dan lain sebagainya. Setiap desa juga kita siagakan baik itu medis dan paramedis,” kata Yasti.
Yasti juga meminta, disetiap desa yang paramedis memonitor langsung pasien yang baru ODP dan PDP harus segera ditangani. “Jadi kita Pemkab Bolmong seberapapun anggaran demi kebutuhan dalam rangka pencegahan Covid-19 dan persiapan. Kita tidak menginginkan ada satupun rakyat Bolmong yang terkena. Tapi kita tidak boleh takabur, maka dari itu kita harus siapkan juga pencegahan maupun pengobatan,” jelasnya.
Menurut Yasti, meski Rumah Sakit Datoe Binangkang ini bukan rumah sakit rujukan untuk pasien Covid-19, tapi daerah sudah harus bersiap. “Saya sudah minta Direktur umah sakit untuk mempersipakan segala sesutu sampai dengan ruangan dan semua peralatan baik itu ventilator yang diperlukan oleh pasien harus disipakan. Kita menjaga segala kemungkinan. Jadi kalau ditanya anggaran, maka berapapun kita siap. Kita efisiensi biaya perjalanan dinas, biaya makan minum, biaya lain-lain akan kita geser kesitu,” ungkap Bupati. (ino)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.