Dorong Inovasi dan Kreativitas Pembangunan di Kotamobagu, Lomba IGA Terbuka Untuk Umum

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Lomba inovasi daerah Innovative Government Award (IGA) Kota Kotamobagu ke-5, tahun 2024 resmi bergulir yang dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah (sekda) Kotamobagu, Sofyan mokoginta, mewakili Pj Wali Kota Kotamobagu.

Kegiatan sosialisasi Lomba IGA bertempat di kantor Badan perencanaan dan penelitian pengembangan pembangunan daerah (Bapelitbangda) Kotamobagu.

Usai pelaksanaan kegiatan kemarin, Sofyan Mokoginta menjelaskan penyelenggaraan IGA tahun ini sudah yang kelima kalinya dilaksanakan dan akan digelar pada bulan Agustus mendatang.

“Lomba IGA ini yang nantinya akan mendorong bagaimana setiap OPD maupun masyarakat umum untuk berpikir lebih kreatif dalam rangka menciptakan inovasi agar dapat menyelenggarakan pemerintahan, pembangunan dengan lebih efektif, efisien dan tepat sasaran,” ujarnya Rabu, (3/7/2024).

Adapun target-target dalam pelaksanaan pembangunan yang telah ditetapkan oleh pemerintah itu, kata Sekda, bisa lebih cepat terlaksana.

“Pelaksanaan IGA ada 2 kategori yang dilombakan yakni kategori perangkat daerah dan masyarakat umum. Untuk kategori, yang pertama oleh perangkat daerah, ini wajib untuk diikuti setiap perangkat daerah karena ada Perwako yang mengatur itu, sementara kategori kedua oleh masyarakat umum, dan ini terbuka bagi masyarakat dimana pola pelaksana pembangunan selalu mengikutsertakan seluruh elemen masyarakat, sehingga diharapkan melalui IGA ini, ada inovasi-inovasi yang mendorong percepatan tercapainya target pembangunan di Kota Kotamobagu,” ujarnya.

Lebih lanjut Ia menegaskan IGA bukan hanya berhenti dengan adanya pemenang namun terus ditindaklanjuti, difasilitasi, didukung oleh perangkat daerah terkait supaya inovasi yang digagas masyarakat benar-benar dilaksanakan serta diimplementasikan untuk kepentingan masyarakat.

“Makanya saya minta buatkan rencana aksi nanti tindak lanjutnya seperti apa, ada OPD-OPD yang tugas dan fungsinya mempunyai kewenangan untuk mendukung pelaksanaan dari inovasi yang digagas oleh masyarakat itu dimasukkan dalam dokumen perencanaan, anggarkan supaya dapat diimplementasikan dan yang paling penting berkelanjutan,” tegasnya.

Terpisah yang dikatakan Kepala Bapelitbangda Kotamobagu, Chelsia Paputungan menambahkan bahwa lomba IGA Kota Kotamobagu saat ini masuk pada tahap pendaftaran proposal IGA oleh peserta.

“Saat ini belum ada pendaftar lomba IGA baik dari kategori perangkat daerah maupun kategori umum dan untuk pelaksanaan lomba IGA penilaiannya melalui Presentasi dan wawancara secara tatap muka langsung dengan Juri,” bebernya.

Terkait itu, Ia berharap dengan dilaksanakannya lomba IGA tersebut dapat memotivasi bagi setiap OPD dan seluruh elemen masyarakat untuk berinovasi dalam menjawab permasalahan serta meningkatkan pelayanan dalam pembangunan daerah ini.

“Harapan kami, melalui lomba IGA Kota Kotamobagu ini akan memacu dan memotivasi perangkat daerah dan para pihak untuk membangun budaya inovasi dan berpikir kreatif, inovatif dalam menjawab permasalahan dan tantangan pembangunan daerah sehingga kesadaran untuk peningkatan pelayanan publik, peningkatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat, serta daya saing daerah dapat terwujud,” pintanya.

Kegiatan juga dihadiri seluruh Kepala-Kepala OPD, Camat, Lurah, Kepala Desa se – Kota Kotamobagu.

Reporter: Agung Mokodompit

Komentar