Pemecah Ombak di Kawasan Batu Pinagut, 2024 akan Dibangun

BOGANINEWS, BOLMUT – Kepala Balai Teknik Pantai Kementrian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan kunjungan dan survei batimetri, topografi dan pasang surut pantai Batu Pinagut dalam rangka perencanaan pembangunan struktur pengaman pantai.

Menurut Kepala Balai Sudartono, kunjungan Balai Teknis Pantai bersama tim ini, dalam rangka pembangunan pemecah ombak dan revetment di kawasan pantai Batu Pinagut, yang berada di Desa Boroko Utara Kecamatan Kaidipang.

“Pembangunannya sesuai rencana dilaksanakan secara bertahap dengan menggunakan APBN tahun 2024. Untuk tahap pertama akan dilaksanakan tahun 2024 dengan dana kurang lebih Rp. 12 Miliar,” aku Sudartono.

Lanjutnya, tim Balai Teknis Pantai Kementerian PUPR, saat ini sedang melaksanakan verifikasi, serta desain dengan mengambil data topologi dan hidrologi di kawasan pantai Batu Pinagut dan sekitarnya.

“Kami merespon baik apalagi ada dukungan dari Pemda Bolmut dan masyarakat,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umun dan Tata Ruang (PUTR) Bolmut, Rudini Masuara, mengatakan, Pemda Bolmut menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Pusat lewat Kementerian PUPR, yang sudah memperhatikan pembangunan fasilitas umum di Bolmut, khususnya di kawasan pantai Batu Pinagut.

“Kegiatan ini merupakan tindak lanjut kunjungan Pemda Bolmut di kementerian PUPR bebrapa waktu lalu, yang dipimpin langsung oleh Pj Bupati Bolmut,” kata Rudini, Kamis (1/2/2024).

Diketahui, tim yang turun melakukan survey yakni, Bayu Purnama, sebagai fungsional teknik pengairan ahli madya pada balai teknik pantai dari Kementerian PUPR, Reki Lontoh, sebagai kepala seksi perencanaan sumber daya air pada balai wilayah sungai Sulawesi I Kementerian PUPR, Peddy Darwin Simbolon, sebagai pelaksana pada subdit keamanan bangunan air kementerian PUPR.

Reporter: Indrawan Laupu

Komentar