Disdukcapil Kota Kotamobagu Maksimalkan KTP Digital IKD

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Kotamobagu memaksimalkan pelayanan KTP Digital untuk seluruh masyarakat di Kotamobagu.

Kepala Disdukcapil Kotamobagu Roy Paputungan Jumat (23/2/2024) mengatakan pihaknya tengah memaksimalkan identitas kependudukan digital atau KTP digital masyarakat.

“Kita akan rencanakan, untuk melaksanakan jemput bola dalam pelayanan KTP Digital di instansi pemerintah dan seluruh universitas atau perguruan tinggi serta di Desa/kelurahan,” ucap Kadis.

Di ketahui, Penggunaan e-KTP (KTP elektronik) sebagai penanda identitas Warga Negara Indonesia (WNI) akan digantikan dengan Identitas Kependudukan Digital (IKD) atau KTP Digital. Jika e-KTP berbentuk kartu, KTP Digital tersedia secara online,” jelasnya.

Ia mengatakan, KTP digital sejak tahun lalu sudah berlaku, namun masyarakat di Kotamobagu saat ini perlu pemahaman dan kita perlu berkerja sama dengan lembaga-lembaga pengguna KTP digital agar dapat di akui untuk identitas selain KTP fisik.

“Untuk pelayanan KTP Digital Kami akan maksimalkan, setelah pelaksanaan pemilu tahun 2024 ini, untuk pertama kami laksanakan pelayanan bagi pemilih pemula dan selanjutnya kami bergegas setelah pelaksanaan pelayanan KTP fisik,”ungkapnya.

Reporter: Agung Mokodompit

Komentar