Penjaga Gol yang Pernah Lawan Messi Ini Siap Menjadi Punggawa Tim Nasional Garuda

Rumor berhembus bahwa Ia memiliki keturunan Indonesia dari Neneknya yang lahir ketika zaman Hindia Belanda. Pria berusia 25 tahun itu bernama Maarten Paes yang masih berkewarganegaraan Belanda. Ketua PSSI, Erick Thohir, mengungkapkan bahwa Ia sudah menjadwalkan makan malam bersama penjaga gol yang terbang langsung dari Texas.

Mungkin kiprahnya bersama Tim Nasional masih agak panjang, butuh waktu untuk menyesuaikan dan berlatih dengan Shin Tae Yong. Namun bagaimanapun pertandingan Tim Nasional Indonesia nanti, jangan lupa untuk terus menganalisis performa pemain secara individu dan update soal starting eleven sebelum pertandingan. Analisis Anda begitu penting untuk diadu ke 12bet login.

Kini mari ketahui lebih lanjut tentang Maarten Paes yang sudah bersedia Naturalisasi ke Tim Nasional Indonesia.

Membela MLS di Amerika Serikat

Kasta tertinggi Sepak Bola di Amerika Serikat adalah MLS (Major League Soccer). Pemain-pemain bintang level dunia seperti David Beckham, Zlatan Ibrahimovic, dan Wayne Rooney membela tim mereka di level MLS. Begitu juga dengan Maarten Paes yang kini masih menjadi bagian dari Dallas FC.

Sesuai dengan namanya, Dallas FC merupakan tim sepakbola di Amerika Serikat pada kasta MLS yang berbasis di Ibukota Texas, Dallas. Klub yang bernaung di Toyota Stadium ini menempati urutan ketujuh klasemen pada tahun 2023 dari 14 tim yang ada di MLS.

Maarten Paes bergabung dengan Dallas FC pada Juli 2022, sejak saat itu ia telah bertanding pada lebih dari 70 turnamen dan berhasil menghalau 17 bola yang masuk ke gawang.

Bertanding Melawan Lionel Messi

Siapa yang tidak tahu Lionel Messi? Seorang pemain sepak bola kebangsaan Argentina itu sekarang meniti karier ke Amerika Serikat dan meninggalkan klub Paris Saint Germain. Pria yang berhasil membawa kemenangan Piala Dunia 2023 lalu membela Inter Miami dan mempertemukan Maarten Paes pada 7 Agustus 2023 lalu. Pertandingan 97 menit itu berakhir imbang. Wasit kemudian memutuskan untuk adu penalti, sayang Dallas FC harus menerima kekalahan dengan hasil 3-5.

Pamit ke Indonesia dengan Tangisan

Perjalanan dari Negeri Paman Sam ke Indonesia membutuhkan waktu lebih dari 12 jam, apalagi dengan keputusan penting menjadi bagian dari Tim Nasional Indonesia. Sebagai putra yang baik bagi keluarganya, tentu memberi kabar adalah hal yang wajib. Begitu juga dengan Paes yang mengatakan ke keluarganya bahwa Ia akan ke Indonesia dengan tujuan membela Timnas dan akan mengganti Kewarganegaraan.

Erick Thohir yang selama ini intens berkomunikasi dengan Paes mendapat cerita bahwa keluarganya menangis ketika mengetahui pria kelahiran Belanda itu akan membela Garuda.

Karier Sepakbola

Meski sudah menerbangkan Timnas Argentina ke Indonesia, namun tak ada satupun pemain Indonesia yang bertemu dengan Messi. Jika sudah pernah melawan Messi, tentu tahu pahit getirnya taktis seorang yang memenangkan Ballon d’Or itu.

Pria yang sudah melintasi benua ini punya kesempatan melawan Messi dan membela tim kasta tertinggi di Negeri Paman Sam bukan karena hal yang instan. Apalagi pemuda yang ingin menjadi atlet sepakbola di Eropa bukan hanya dia sendiri.

Paes pernah menjadi pemain di bangku cadangan saat bergabung dengan NEC Nijmegen, tim sepakbola Belanda di kasta tertinggi. Kemudian pada tahun 2018 Ia pindah ke tim lain, FC Utrecht, dengan kontrak 4 tahun. Ketika kontrak berakhir, Ia melanjutkan karirnya di MLS dan berkontribusi pada Dallas FC ke posisi 3 klasemen pada musim 2022.