Sukses Gelar Jambore Pemuda, HMI BMR Apresiasi KNPI Bolmong dan Puji Kepemimpinan Feramitha Mokodompit

BOGANINEWS, BOLMONG – Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) sukses menggelar jambore pemuda se Bolmong.

Kegiatan yang digelar di lapangan olahraga Desa Bolaang Satu, Kecamatan Bolaang Timur, Kabupaten Bolmong tersebut ditutup langsung oleh Pj Bupati Bolmong Ir Limi Mokodompit MM pada Sabtu 11 November 2023 tadi malam.

Menariknya, tidak hanya pemuda, lokasi pelaksanaan jambore itu turut diramaikan ribuan masyarakat yang ikut menyaksikan hiburan musik yang ditampilkan pada penutupan acara tersebut.

“Saya berharap kepada pemuda pemudi yang hadir dan mensukseskan kegiatan jambore pemudia ini, agar ilmu yang didapat untuk dapat diaplikasikan di kampung masing-masing. Sampaikan hal positif kepada teman dan keluarga serta masyarakat dimana Anda berada,” harap Limi.

Penutupan jambore pemuda KNPI Bolmong

Perlu diketahui, pelaksanaan jambore oleh KNPI Bolmong ini memang baru kembali digelar sejak KNPI Bolmong dipimpin oleh Feramitha Tiffani Mokodompit, SM., M.B.A.

Sebelumnya, Ketua KNPI Bolmong Feramitha Mokodompit mengatakan, di tengah hiruk pikuk era globalisasi saat ini, kita menyadari bahwa kondisi pemuda-pemudi Kabupaten Bolmong saat ini membutuhkan suntikan gagasan, membutuhkan sokongan idealisme yang kokoh, membutuhkan gagasan baru, pengalaman baru dan suasana baru yang mungkin saja tidak didapatkan dalam pendidikan formal baik di sekolah maupun di perguruan tinggi.

“Jadi dilaksanakan jambore ini bisa menjadi wadah agar teman-teman bisa menyalurkan aspirasi, minat, bakat dan sebagainya,” terangnya.

Selain itu kata Feramitha, tahun 2045 katanya bangsa Indonesia akan memasuki the golden age atau umur keemasan 100 tahun Indonesia merdeka, oleh sebab itu kata Feramitha, kita semua harus memaknai itu sebagai peluang kepemudaan.

“Teman-teman, tahun 2045 memang masing panjang, tetapi persiapan kesiapan teman-teman pemuda saat ini, itu yang harus taman-teman siapkan,” katanya.

“Sebelum tahun 2045, ada tahun 2030 yaitu dimana pemuda-pemudi akan menikmati bonus demografi sebesar 70 persen seluruh Indonesia, dan dimana usia produktifnya itu mencapai 70 persen. Nah teman-teman yang ada di sini yang usianya masih 18-20 tahun adalah masa-masa persiapan untuk menggapai memungkinkan cita-cita di tahun akan datang,” lanjutnya.

Tetapi kata Feramitha, persiapan itu harus dimulai dari sekarang, karena kita tidak hanya berharap bantuan orang lain saja tetapi juga harus berdiri di kaki sendiri, berusaha semaksimal mungkin, sebagaimana pemuda itu adalah garda terdepan perubahan bangsa.

“Kedepan pemuda adalah harapan generasi yang akan datang sehingga akan melahirkan calon pemimpin yang berkualitas dan membangun negara dan bangsa khususnya Kabupaten Bolaang Mongondow,” katanya.

Alhasil, suksesnya kegiatan tersebut langsung mendapat apresiasi dari salah satu organisasi Cipayung yakni Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bolaang Mongondow Raya (BMR).

Apresiasi tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Umum HMI BMR Moh Fajar Damopolii. Menurutnya, sejak KNPI Bolmong dipimpin oleh Feramitha, KNPI mulai kembali aktif melaksanakan kegiatan-kegiatan kepemudaan.

Fajar lantas memuji kepemimpinan Feramitha, karena menurut dia, sejak KNPI Bolmong dipimpin oleh Feramitha, KNPI bisa eksis kembali sebagai wadah para pemuda khususnya di Kabupaten Bolmong.

“Feramitha ini memang sosok perempuan yang cerdas dan mempunyai jiwa kepepimpinan yang patut diteladani. Dia salah satu aset berharga Bolmong dan Sulut kedepan nanti,” ujar Fajar.

“Hari ini kita bisa melihat sendiri sejak KNPI Bolmong dipimpin oleh Feramitha, organiasi ini kembali aktif sebagaimana harapan para pemuda yang ada di Bolmong. Jambore ini bisa dilihat juga visi KNPI Bolmong untuk dapat menyatukan pemuda di Bolmong sukses terlaksana,” sambungnya.

Fajar pun berharap Feramitha agar terus mempertahankan prestasinya baiknya selama KNPI Bolmong.

“Tentu harapan kami KNPI Bolmong dapat terus mempertahankan eksistensinya sebagai wadah pemersatu bagi para pemuda yang ada di Bolmong,” harapnya.

Sekadar informasi, pelaksanaan jambore pemuda so Bolmong yang digelar KNPI Bolmong di Desa Bolaang Satu, Kecamatan Bolaang Timur tersebut berlangsung dari tanggal 8-11 November 2023.

Dalam jambore itu, sejumlah kegiatan digelar mulai dari forum diskusi, KNPI Idol, fashion show, Salamat atau sajak, tarik tambang dan kegiatan lainnya. (St)