Penelitian: Ini Sejumlah Manfaat Vitamin D dari Kepala Hingga Kaki

BOGANINEWS – Hasil penelitian beberapa tahun terakhir ini menyebutkan bahwa vitamin D merupakan salah satu suplemen paling ampuh untuk meningkatkan kesehatan.

Akan tetapi, banyak tidak menyadari jika vitamin D banyak berkontribusi untuk sistem tubuh manusia.

Terlepas vitamin D disebut-sebut bermanfaat untuk tulang, rambut dan berpotensi meningkatkan suasana hati, namun ada manfaat lain juga yang perlu Anda ketahui.

“Ketika dikonsumsi dengan minyak ikan, vitamin D adalah penambah suasana hati yang kuat,” menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal FASEB dikutip dari Thehelthy.

Tapi bukan itu saja, Vitamin D meningkatkan daya ingat dan fungsi kognitif pada wanita yang lebih tua, menurut sebuah penelitian terpisah yang diterbitkan dalam Journals of Gerontology A.

Sementara itu, penelitian sebelumnya menemukan bahwa vitamin D mungkin juga memiliki beberapa efek perlindungan terhadap penyakit Alzheimer.

Baca juga: Sebaiknya Hindari 8 Makanan Ini Sebelum Berhubungan Seks

1.Mata

Dosis vitamin D dipercaya mengurangi beberapa efek penuaan pada mata, mengurangi peradangan, dan meningkatkan penglihatan menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Neurobiology of Aging.

Selain itu, vitamin D juga dapat membantu mencegah degenerasi makula, penyakit mata umum yang dapat menyebabkan kebutaan jika tidak diobati.

  1. Telinga

Vertigo mungkin terasa seperti kepala berputar, namun masalahnya sering kali berasal dari struktur di telinga bagian dalam yang bertanggung jawab atas keseimbangan.

Nah dengan mengonsumsi vitamin D dan kalsium dua kali sehari dapat mengurangi vertigo dan menurunkan peluang Anda terkena vertigo lagi, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Neurology .

  1. Gigi

Mengonsumsi suplemen vitamin D setiap hari dapat membantu, menurut meta-analisis yang diterbitkan di Nutrients.

Para peneliti menganalisis lusinan penelitian terkontrol dengan ribuan partisipan di beberapa negara dan menemukan bahwa vitamin D dikaitkan dengan penurunan 50 persen kejadian kerusakan gigi.

  1. Gusi

Suplemen vitamin D yang memperkuat gigi Anda juga dapat membantu melindungi gusi Anda dari infeksi bakteri yang menyebabkan masalah seperti radang gusi dan periodontitis, menurut studi Nutrients .

Periodontitis, infeksi jaringan gusi yang berpotensi serius, menyerang hingga 50 persen orang di AS. Periodontitis merupakan penyebab utama kehilangan gigi dan juga dapat menyebabkan penyakit jantung. Lindungi diri Anda dengan mengetahui tanda-tanda awal penyakit gusi .

  1. Jantung

Salah satu peran vitamin D yang paling kuat adalah dalam sistem kardiovaskular, di mana terdapat 200 gen yang diatur oleh vitamin D.

Bagaimana cara kerjanya? Vitamin D dapat membantu menghentikan kolesterol menyumbat arteri, mengatur tekanan darah, dan meningkatkan fungsi sel-sel di jantung.

Bahkan lebih baik lagi, hal ini mungkin juga dapat membantu menyembuhkan kerusakan jantung yang ada, menurut penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Nanomedicine .

  1. Paru-paru

Asma , penyakit paru obstruktif kronik (COPD), emfisema dan bronkitis kronis mempengaruhi sekitar 15 persen orang Amerika, menurut data terkini dari CDC.

Namun meski vitamin D tidak dapat menyembuhkan, vitamin D dapat mengurangi jumlah penyakit paru-paru yang kambuh hingga 40 persen, demikian kesimpulan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Lancet .

Hal yang sama mungkin berlaku untuk asma, menurut sebuah penelitian terpisah yang diterbitkan di Cochrane Review.

Para peneliti menemukan bahwa orang yang mengonsumsi vitamin D dosis harian sebagai tambahan obat asma mengurangi jumlah serangan asma parah yang mereka alami.

  1. Usus

Orang dengan sindrom metabolik – peningkatan tekanan darah, gula darah tinggi, kelebihan lemak tubuh di sekitar pinggang, dan kadar kolesterol atau trigliserida yang tidak normal – berisiko tinggi terkena penyakit jantung, stroke, dan diabetes tipe 2.

Olahraga dan pola makan sehat adalah praktik penting untuk menghindari atau menyembuhkan sindrom ini, namun penelitian menunjukkan bahwa vitamin D juga dapat membantu.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di Frontiers in Physiology , vitamin D memperbaiki tanda-tanda sindrom metabolik dengan meningkatkan bakteri usus yang sehat pada tikus.

  1. Hati

Kadar vitamin D yang lebih tinggi dikaitkan dengan rendahnya tingkat kanker secara umum, dan lebih sedikitnya kanker hati secara khusus, menurut sebuah studi BMJ.

Para peneliti mengambil sampel dari lebih dari 33.000 peserta dewasa dan menemukan bahwa tingkat nutrisi yang lebih tinggi dikaitkan dengan penurunan kanker sebesar 20 persen dan penurunan kanker hati sebesar 30 hingga 50 persen.

  1. Sistem reproduksi

Baik pria maupun wanita menunjukkan manfaat reproduksi dan kesuburan dari vitamin D. Peserta wanita yang memiliki tingkat vitamin D yang sehat di awal kehamilan lebih mungkin untuk memiliki bayi dengan berat badan dan ukuran kepala yang sehat dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Endocrinology & Metabolisme .

Demikian pula, pria dengan kadar vitamin D yang lebih tinggi memiliki potensi kesuburan yang lebih baik, terutama melalui motilitas sperma yang lebih baik, kata para peneliti dalam studi terpisah yang diterbitkan dalam World Journal of Men’s Health .

  1. Tulang

Pikirkan kalsium adalah nutrisi terbaik untuk tulang? Pikirkan lagi. Efek positif vitamin D pada kesehatan tulang adalah beberapa manfaat nutrisi yang paling banyak didokumentasikan.

Vitamin D sangat penting untuk membangun dan menjaga kekuatan tulang, sementara kekurangan vitamin D dapat menyebabkan osteoporosis, penyakit tulang rapuh, menurut Mayo Clinic.

  1. Lutut

Lutut adalah salah satu sendi yang paling sering digunakan di tubuh Anda dan sering kali menjadi salah satu tempat pertama yang mengalami nyeri sendi seiring bertambahnya usia.

Penelitian menunjukkan bahwa penyebab paling umum dari nyeri sendi adalah osteoartritis akibat penggunaan atau cedera sendi yang berlebihan, dan rheumatoid arthritis—penyakit autoimun yang menyerang sendi.

Vitamin D dapat membantu melindungi terhadap kedua jenis arthritis. Orang yang menjaga kadar vitamin D yang sehat cenderung tidak terkena rheumatoid arthritis, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Autoimmunity .

Demikian pula, orang dengan kadar vitamin D rendah melaporkan lebih banyak gejala osteoartritis, seperti nyeri lutut dan kesulitan berjalan, menurut penelitian oleh American College of Rheumatology.

  1. Kaki

Patah tulang akibat stres – patah tulang mikro yang sering terjadi pada tulang kecil akibat penggunaan berlebihan – adalah cedera yang cukup umum terjadi, terutama pada orang yang melakukan aktivitas berdampak tinggi, seperti lari atau olahraga, atau orang yang kelebihan berat badan secara signifikan.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Foot and Ankle Surgery , vitamin D dapat mengurangi patah tulang karena stres dengan membantu meningkatkan kepadatan tulang.

Komentar