Sebaiknya Hindari 8 Makanan Ini Sebelum Berhubungan Seks

BOGANINEWS – Terdapat sejumlah makanan yang sebaiknya dihindari sebelum berhubungan seks. Hal itu karena dapat menimbulkan efek yang kurang.

Menurut Ahli Diet Klinis Terdaftar di Tufts Medical Center, Kaitlin Dresser , MS, RD, CSP, LD, CNSC, pola makan yang sehat dapat meningkatkan kehidupan seks yang baik dengan mendukung peningkatan fungsi seksual, dorongan seks, keseimbangan hormonal, tingkat energi, kesuburan dan kesehatan secara keseluruhan.

“Pola makan buruk yang tinggi makanan olahan, tambahan gula, dan terbatasnya serat dapat menyebabkan hasil seksual yang lebih buruk karena memicu obesitas, tekanan darah tinggi, atau gangguan GI (pencernaan),” ujar Dresser sebagaimana dikutip dari Thehealthy.

Setidaknya ada 8 makanan yang sebaiknya tidak boleh dimakan sebelum berhubungan seks.

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan , lentil, buncis, dan kacang-kacangan lainnya terkenal dapat memicu ketidaknyamanan pencernaan, kata Dresser. Itu karena mengandung serat dan gula yang tidak dapat dicerna oleh tubuh manusia secara normal.

Sebaliknya, bakteri di usus kita memecah semuanya, menyebabkan fermentasi—proses yang membuat bir atau kombucha bersod dan membuat kita merasa kembung dan mengandung gas.

  1. Sayuran kucifer

Sayuran kucifer seperti brokoli, kangkung, kubis, dan bok choy adalah beberapa makanan paling sehat dan padat nutrisi yang bisa Anda makan.

“Mereka] juga lebih mungkin menyebabkan gas,” jelas Sabrina Oliver, Ahli Nutrisi Klinis Senior yang berspesialisasi dalam penyakit pencernaan di NewYork-Presbyterian Columbia University Irving Medical Center.

Menurutnya, selain kaya akan serat, makanan super ini kaya akan glukosinolat—senyawa alami yang mengandung belerang dan, jika dicerna, dapat menghasilkan gas berbau belerang.

  1. Bawang putih dan bawang bombay

Bawang putih dan bawang merah juga memiliki senyawa yang mengandung belerang.

“Saat Anda mengunyahnya, senyawa belerang melepaskan gas yang bercampur dengan bakteri di mulut Anda yang juga mengeluarkan gas, menyebabkan bau mulut,” kata Oliver.

Sayangnya kata dia, bau itu bisa bertahan lama. “Saat pencernaan terjadi, produk sampingannya diserap ke dalam aliran darah dan dibawa ke paru-paru untuk dihembuskan melalui napas,” kata Dresser.

  1. Karbohidrat berat

Karbohidrat yang ditemukan dalam makanan seperti roti, pasta, dan kentang mengandung gula sederhana , yang langsung mengirimkan ledakan energi ke sistem Anda.

Akan tetapi menurut American Heart Association , peningkatan ini tidak berlangsung lama—karbohidrat sederhana ini cenderung membuat kita kelelahan setelah lonjakan energi yang cepat.

  1. Daging merah

Anda tidak harus menghindari daging sapi sama sekali pada malam kencan, tetapi beberapa jenis daging merah lebih cenderung membuat Anda duduk di sofa daripada di kamar tidur.

Hal ini karena lemak merupakan nutrisi yang paling sulit dicerna oleh tubuh kita. Untuk membantu prosesnya, tubuh mengarahkan lebih banyak energi ke sistem pencernaan—dan terlalu banyak lemak dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

Oleh sebab itu, pilihla potongan yang lebih ramping seperti steak sirloin tip, dan hindari pilihan yang lebih berlemak seperti steak ribeye atau roti burger daging sapi.

  1. Produk susu

Bahkan jika Anda bukan salah satu dari 36% orang Amerika yang mengalami intoleransi laktosa menurut Institut Nasional Diabetes dan Penyakit Pencernaan dan Ginjal , produk susu dapat memicu gejala IBS (sindrom iritasi usus besar) atau memicu mulas.

Selain itu juga, produk olahan susu juga cenderung memiliki kandungan lemak yang tinggi — itulah sebabnya Anda bisa merasa lesu saat tubuh Anda bekerja untuk mencernanya.

  1. Makanan yang digoreng

“Makanan yang digoreng dan berminyak dapat membuat orang merasa kembung atau, dalam beberapa kasus, memicu diare,” kata Oliver.

“Yang terbaik adalah menghindari jenis makanan ini dan memesan makanan yang dipanggang atau dipanggang,” lanjutnya.

Selain itu juga kata dia, makan dalam porsi besar cenderung membuat Anda merasa kembung, katanya, jadi pastikan untuk mengunyah makanan dengan baik dan berhenti saat Anda sudah kenyang.

  1. Minuman tertentu

“Minuman yang mengandung gula alkohol—seperti minuman rendah kalori atau bebas gula—dapat menyebabkan masalah pencernaan karena pengganti gula ini tidak sepenuhnya terserap di usus kita,” jelas Oliver.

Sebaiknya kata dia, batasi juga konsumsi alkohol. Minuman beralkohol dapat menurunkan kadar testosteron, kata Dresser, dan ini dapat mengurangi gairah seks dan fungsi seksual Anda.

Editor: Murliyanti

 

Komentar