Pemkab Bolsel Gelar Penginputan RUP APBDP Tahun 2023 pada Aplikasi SPSE 4.5

BOGANINEWS, BOLSEL- Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Rabu, (13/09/2023 mengelar kegiatan Penginputan Rencana Umum Pengadaan (RUP) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Tahun 2023 dan Penginputan Pencatatan Realisasi Non Tender pada Aplikasi Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE) 4.5.

Kegiatan yang dilaksanakan bertempat di Hotel Quality Manado tersebut dibuka langsung Wakil Bupati (Wabup) Bolsel Deddy Abdul Hamid.

Dalam sambutannya Wabup memberikan apresiasi kepada Bagian PBJ Setda yang telah menginisiasi dan memfasilitasi kegiatan yang nilai sangat penting tersebut. “Ini sebagai wujud implementasi Perpres Nomor 12 tahun 2021 Tentang Pengadaan Barang/jasa Pemerintah, SE bersama Mendagri dan Kepala LKPP No 1 tahun 2021 dan SE KPK No 14 tahun 2022, tentang pencegahan korupsi pengadaan barang dan Jasa melalui Implementasi Katalog Elektronik,” Jelas Wabup.

Wabup mengatakan bahwa nilai belanja pengadaan barang dan jasa di Pemda Bolsel, mencapai kurang lebih Rp 320 miliar. “Angka tersebut tenrunya menjadi kontribusi besar dalam menggerakkan sektor perekonomian di daerah,” ungkap Wabup.

Menurut Wabup untuk bisa mendorong partisipasi Usaha Mikro Kecil dan Koperasi (UMKK) maka Wabup mendorong para pelaku usaha untuk mendaftarkan produknya ke dalam dashboard e-katalog lokal.

Ia juga berharap, APBD Perubahan Tahun 2023, untuk pengadaan non tender seperti ATK, makan minum, suku cadang dilaksanakan melalui e-katalog lokal. “Untuk pengadaan langsung, dilaksanakan melalui e-pengadaan langsung sehingga pada tahun anggaran 2024 seluruh pengadaan barang dan jasa khususnya non tender dapat dilaksanakan melalui SPSE baik e-katalog nasional, e-katalog lokal dan e-pengadaan langsung,” terangnya.

Diketahui, turut hadir dalam acara tersebut diantaranya Sekda Bolsel Marzanzius Arvan Ohy, para Asisten Sekda dan jajaran pimpinan SKPD serta para peserta di lingkungan Pemkab Bolsel. (***)

Komentar