Pansus I DPRD Bolmut Mengikuti FGD Pajak dan Retribusi Daerah

BOGANINEWS, BOLMUT – Dalam rangka penyelarasan materi Rancangan Paraturan Daerah (Ranperda) tentang pajak dan retribusi daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), maka Panitia Khusus (Pansus) I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bolmut, mengikuti Forum Group Diskusi (FGD). Kegiatan FGD yang diselenggarakan Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Bolmut ini, di gelar di Hotel Arya Duta, Manado. Kegiatan ini berlangsung sejak Senin 21 – 23 Agustus 2023.

Ketua Pansus 1 DPRD Bolmut, Budi Setiawan Kohongia mengatakan, kegiatan FGD ini tentang pajak dan retribusi daerah sebagai acuan pembahasan tahun 2024 untuk peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD). “Perda pajak dan retribusi daerah ini bersinggungan langsung dengan masyarakat. Sehingga pada saat pembahasan awal ini, Pansus 1 menyarankan untuk segera dibuat FGD guna menyatukan persepsi terkait perhitungan besaran pajak dan retribusi,” jelasnya, Selasa (22/8/2023).

Lanjutnya, tujuan besaran pajak dan retribusi ini, bisa menambah PAD tapi tidak terlalu membebankan masyarakat. “Hasil ini rencananya akan kami sampaikan terlebih dahulu kepada masyarakat lewat uji publik. Kami berharap pembahasan Ranperda ini bisa berjalan lancar, karena sudah ada satu persepsi dalam menentukan besaran pajak dan tarif retribusi,” terang Politisi Gerindra ini.

Terpisah, Kaban Keuangan Awaludin Managin mengatakan, FGD ini dalam rangka lebih memantapkan pembahasan terkait materi pokok, yang terdapat dalam Ranperda yang diajukan, serta paling inti penetapan tarif pajak maupun retribusi daerah. Sehingga Ranperda ini kita ajukan sebelum keluarnya Peraturan Pemerintah (PP) 35 Tahun 2023. Setelah keluarnya PP ini ternyata ada materi yang harus disesuaikan. “Alasan itu sehingga dilakukan FGD untuk sinkronisasi bersama DPRD Bolmut,” akunya

Turut hadir dalam kegiatan FGD tersebut diantaranya, Kementrian Dalam Negri (Kemendagri) Analis Kebijakan Pusat dan Daerah Ni Putu Myari Artha, Ketua DPRD Bolmut Franky Chandra, Wakil Ketua DPRD Saiful Ambarak, Ketua Pansus Budi Setiawan Kohongia, Sekertaris Pansus Sauda Lakoro, Mardan Umar, Husen Yahya Suit Pontoh, Rekso Binolombangan, Galib Pangko, Moh. Guntur Sune, Dinas Perindagkop, BPKD, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR), Dinas Kesehatan, Dinas Pariwisata, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK), serta Rumah Sakit (RS) Pratama dengan total peserta sebanyak 13 orang.

 

Reporter: Indrawan Laupu

Komentar