Tahun Ini Perbaikan Jalan Jalan A.P Mokoginta di Kecamatan Kotamobagu Utara 

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Akses jalan Abraham Patra yang terletak di Kelurahan Upai sampai Desa Bilalang Dua, Kecamatan Kotamobagu Utara, Kota Kotamobagu, butuh perhatian serius dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Pemprov Sulut).

Pasalnya Kondisi ruas jalan yang menghubungkan Kelurahan Upai ke Desa Bilalang Dua itu, sudah rusak parah selama bertahun-tahun lamanya. Nampak terlihat badan jalan dilokasi itu dipenuhi lubang membuat akses pengendara kesulitan melaluinya.

Warga pun yang berada disekitar lokasi jalan itu, merasa kesal dengan kondisi ruas jalan yang tak kunjung dipelihara. Akhirnya warga menanami pohon pisang di ruas jalan tersebut.

“Aksi penamaan pohon di jalan ini sebagai bentuk protes kami terhadap Pemerintah Provinsi Sulut yang hingga saat ini tak kunjung mempedulikan kerusakan jalan di kampung kami,” ucap sejumlah warga Kelurahan Upai.

Menurut warga sekitar, sudah puluhan tahun ruas jalan itu belum pernah tersentuh perbaikan.

“Ini terkesan pembiaran. Kalaupun ada perbaikan tahun lalu hanya ditambal saja oleh Pemerintah Kotamobagu, tapi untuk pengaspalan sudah puluhan tahun tidak pernah dilakukan, akhirnya beberapa bulan setelah ditambal rusak lagi dan lebih parah,” ujar sejumlah warga Upai degan nada kesal.

Tidak hanya keluhan itu, namun kata warga setempat, sudah banyak pengendara yang mengalami kecelakaan di jalan ini karena terperosok ke lubang.

“Banyak kendaraan motor yang jadi korban disini. Bahkan sudah ada yang meninggal akibat kecelakaan disini,” aku warga.

Mereka juga berharap agar jalan itu, bisa jadi wewenang wilayah Pemkot Kotamobagu, agar tidak tarik menarik, dan lama pengusulan perawatan hingga perbaikan.

Menjawab keluhan warga Upai, Pemerintah Kotamobagu, melalui Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kotamobagu, Claudy Mokodongan membenarkan bahwa jalan A.P Mokoginta merupakan aset Pemprov Sulut.

“Jadi mohon dimengerti, untuk status jalan AP Mokoginta saat ini merupakan aset dari Provinsi, dan hal tersebut sudah di SK kan tahun 2022,” terang Kadis PUPR Kamis (25/5/2023).

Ia juga menjelaskan Pemerintah Kotamobagu sudah menyampaikan apa yang menjadi permintaan masyarakat ke Dinas PU Provinsi Sulut.

“Ia, kami selaku pemerintah, sudah melakukan upaya komunikasi dan mengkonfirmasi ke Dinas PU Provinsi Sulut, nah Alhamdulillah sudah ada anggaran untuk pemeliharaan jalan A.P Mokoginta di Kelurahan Upai sampai Bilalang Dua. InsyaAllah akan dilakukan pemeliharan tahun ini,” terangnya.

Komentar