Dispora Boltim Terus Sosialisasikan Program Olahraga Tradisional Pada Anak Anak Sekolah, Sampai Masyarakat 

BOGANINEWS, BOLTIM – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), terus mensosialisasikan program olahraga tradisional kepada guru dan siswa/siswi Sekolah Dasar (SD), juga Sekolah Menengah Pertama (SMP) sampai ke masyarakat se-Kabupaten Boltim.

Kepala Dinas Dispora Boltim Hodong Kobandaha melalui Kabid pemberdayaan olah raga Harianto Mamonto pada media ini pekan lalu (13/3/2023), mengatakan tujuan dari sosialisasi ini adalah mengangkat olahraga tradisional sebagai kearifan lokal daerah dan identitas daerah kita.

“Memasyarakatkan olahraga dan Mengolahragakan masyarakat kabupaten Boltim. Sosialisasi olahraga tradisional sasarannya adalah guru dan siswa/siswi SD dan SMP. Degan tujuan mngangkat olahraga ini sebagai identitas daerah, kearifan lokal daerah kabupaten Boltim dilestarikan agar tidak hilang dimakan jaman, dan agar masyarakat sampe generasi anak-anak kita tahu dan mengenal permainan olahraga tradisional, demi menuju kabupaten Boltim berbudaya dan Bersinar,” ujarnya.

Lanjutnya, Adapun jenis olahraga tradisional yang disosialisasikan seperti Langkadan, Hadang, dan permainan tradisional lainnya.

“Kami mensosialisasikan olahraga tradisional mulai dari jenis permainan, ukuran lapangan, teknik bermain, penilaian, sampai pelanggaran permainan.

Sosialisasinya di tujuh kecamatan se-kabupaten Boltim, muali dari kecamatan Motongkad, Nuangan, di SMP satap Molobog pada kamis, 9 maret 2023, dan idilanjutkan di sekolahlainya,” jelasnya.

 

Reporter; Agung Mokodompit.

Komentar