DPMD Kotamobagu Agendakan Seluruh 15 Sangadi Ikuti Bimtek

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – 15 sangadi (kepala desa) di Kota Kotamobagu, dalam waktu dekat akan mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) peningkatan kapasitas kepala desa yang akan dilaksanakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD).

Kegiatan Bimtek yang direncanakan digelar akhir Februari ini, juga akan diikuti perangkat desa se – Kota Kotamobagu.

“Berhubung 15 sangadi ini baru saja dilantik, maka mereka akan dibekali ilmu-ilmu pemerintahan sekaligus tata kelola pemerintahan desa yang efektif dan efisien,” ujar Kabid Pemerintahan, Kelembagaan dan Aparatur Desa Dinas PMD, Wiwie Anita Sabunge, Rabu (1/2/2023).

Menurut Wiwie, bimtek tersebut sangat penting dilaksanakan, agar para sangadi nantinya dapat mengetahui tugas pokok dan fungsinya saat menjalankan roda pemerintahan di desa.

“Rencananya, pada bimtek nanti kita akan menghadirkan narasumber dari Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri, Doktor Eko Prasetyanto Purnomo Putro,” bebernya.

Masih menurut Wiwie, mengingat masih banyak aturan dari Kemendagri terutama terkait pelaksanaan pemerintahan desa yang belum diketahui oleh sangadi, maka bimtek wajib diikuti para sangadi.

“Banyak ilmu yang akan diperoleh dalam bimtek nanti. Salah satunya perundang-undangan tentang desa, sehingga agenda ini wajib diikuti seluruh sangadi,” pungkasnya.

REPORTER: Sandi Gautama Mokoagow

Komentar