Cuaca Ekstrem Sangadi Jiko Belanga Himbau Masyarakat dan Nelayan Tanggap Bencana

BOGANINEWS BOLTIM – Intensitas curah hujan meningkat (Cuaca Ekstrem), Pemerintah Desa (Pemdes), Jiko Belanga Kecamatan Nuangan, Kabupaten Bolaang Mogondow Timur (Boltim), himbau bagi masyarakatnya untuk tetap antisipasi juga kesiapsiagaan bencana alam, (Tanggap Bencana), seperti banjir dan longsor, badai angin topan.

Himbauan ini, juga sangat di khususkan kepada para pelaku nelayan petani, dan para warga yang di bagian sungai, agar di kondisi cuaca ekstrem ini, tetap berhati hati dalam beraktifitas.

“Bagi masyarakat di musim penghujan ini, agar lebih berhati – hati dalam beraktifitas. Terutama bagi para nelayan agar selalu melihat kondisi cuaca saat melaut, ataupun berlayar mencari ikan dengan perahu, rawan diterjang badai. Selain itu bagi warga yang di pegunungan, agar lebih berhati-hati, karena dengan adanya curah hujan yang meningkat, sangat berpotensi longsor dan banjir,” tegas Seprianto, J. Metuak pada media ini Kamis, (2/2/2023).

Dirinya juga berharap agar masyarakat selalu menginformasi perkembangan kondisi cuaca di wilayah Nuangan.

“Selalu siap siaga dan mencari informasi lewat berita BMKG ataupun pemberitahuan oleh pemerintah dari Badan Penaganan Bencana Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (BPDB) Boltim. Dan jangan lupa selalu membersihkan halaman dan selokan dari sampah, agar kita terhindar dari banjir dan longsor,” pinta Sangadi.

Dirinya juga mengajak masyarakat untuk selalu berjaga – jaga dan berdoa agar kita di jauhkan dari marabahaya bencana alam.

“Mari kita doakan saudara kita di Manado yang sekarang, kena dampak dari bencana alam. Jika punya kelebihan salurkan bantuan bagi saudara kita yang terkena bencana banjir, longsor dan gempa bumi, semoga Tuhan selalu menjaga Kabupaten Boltim dari ujian dan bencana alam,” ujar Sangadi.

Senada yang dikatakan Kepala Puskesmas (Kapus) Nuangan Sherly Manoppo himbauan kepada masyarakat Kecamatan Nuangan untuk selalu waspada karena cuaca yang tidak menentu. Hujan dan angin kencang sehingga banyak dampak yang timbul seperti banjir, tanah longsor dan pohon tumbang, juga varian penyakit di musim penghujan ini. Tetap jaga imun kesehatan,” pintanya.

Reporter: Agung Mokodompit.

Komentar