Hama Ulat Meyerang Tanaman Sawah di Pinogaluman Bolmut

BOGANINEWS, BOLMUT – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), angkat bicara terkait hama ulat yang menyerang tanaman padi dan jagung milik warga Tuntulou dan Desa Buko Selatan Kecamatan Pinogaluman.

Hal ini disampaikan Wakil Ketua DPRD Bolmut Saiful Ambarak. Dikatakannya, karena musim penghujan akhir-akhir ini sehingga menyebakan tanaman padi dan jagung di serang hama ulat. Hal ini katanya, perlu ada perhatian khusus dari Pemerintah Daerah (Pemda) dalam hal ini Dinas Pertanian.

“Informasi yang kami terima, hal ini disebabkan para petani kurang mendapat suplay pupuk. Saya meminta kepada Dinas Pertanian, agar pembagian pupuk kepada petani dilakukan secara merata, agar tanaman bisa tumbuh subur,” pinta Saiful, Senin (2/1/2023).

Lanjutnya, hama ulat yang menyerang tanaman padi menjadi wabah yang mengerikan bagi para petani, sehingga persoalan ini harus secepatnya diantisipasi.

“Kondisi tanaman padi di Pinogaluman disebabkan kurangnya sosialisasi dari PPL dari Dinas Pertanian, yang terinformasi jarang turun dilapangan untuk memberikan penyuluhan kepada petani,” ungkapnya.

Terpisah, Plt Kadis Pertanian Bolmut Zulkam Pohontu, mengatakan, ia akan segera menyampaikan persoalan ini ke penyuluh di Kecamatan Pinogaluman. “Dengan adanya informasi ini, para penyuluh akan turun dan meninjau seragan hama tersebut. Nanti setelah di tinjau oleh penyuluh, baru bisa diketahui tindakan apa yang akan dilakukan oleh Dinas maupun pihak penyuluh. Berdasarkan laporan dari koordinator penyuluh, maka kejadian ini sudah dikomunikasi dengan pengamat hama provinsi. Secepatnya mereka akan turun ke lapangan untuk penanganannya hama ulat tersebut,” aku Pohontu.

Reporter: Indrawan Laupu

Komentar