Buka Kegiatan Festival Maleo dan Desa Expo ini Harapan Bupati Bolsel

BOGANINEWS, BOLSEL- Bupati Bolaang Mongondow Selatan Bolsel H Iskandar Kamaru SPt, Selasa (22/11/2022) Membuka Festival Maleo dan Desa Expo.

Kegiatan yang digelar di Pantai Desa Sondana Kecamatan Bolaang Uki dihadiri langsung Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) yang diwakili
kepala biro administrasi provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Drs. Abdulah mokoginta, M.Si

Dalam pelaksanaan acara pembukaan festival Maleo dan Desa Expo ini terlihat para pejabat dan ASN serta Sangadi dengan menggunakan pakaian kameja batik Maleo yang menjadi ciri khas Kabupaten Bolsel.

Dalam Sambutannya Bupati mengatakan pelaksanaan  Desa Expo Kabupaten Bolsel  tahun 2022 ini adalah ajang bagi desa untuk menampilkan capaian dan keunggulan masing-masing Desa.”Baik dalam segi pengeloaan administrasi dan keuangan, pembangunan infrastruktur, pemberdayaan umkm, kebudayaan dan talenta dari masing-masing desa yang diaplikasikan melalui perlombaan” Kata Bupati.

Dikatakannya, acara sangat luar biasa dengan memadukan beberapa kegiatan, yaitu konservasi dan maleo, Desa, UMKM. “Untuk itu saya berharap ajang kegiatan Desa Expo ini dijadikan sebagai pemicu semangat dalam membangun desa masing Masing serta dijadikan tempat untuk saling bertukar informasi dan gagasan dalam pengelolaan Desa,” Harapnya.

Bupati menjelaskan, Bolsel selain keanekaragaman biota lautnya, juga dihuni satwa endemik burung maleo, kita punya daerah konserfasi diluar kawasan dalam Pelindungan satwa endemik. “Di Bolsel selain ada dalam kawasan taman Nasional juga ada diluar kawasan yaitu di tanjung binerean, yang saat ini kami sudah terbitkan regulasi baik Perda maupun Perbub,” Jelasnya.

Ia juga mengajak semua masyarakat Bolsel melalu kegitan festival maleo ini turut andil dalam menjaga, melindungi dan melestarikan satwa dan keasrian daerah. “Agar generasi berikutnya bisa ikut menikmati dan bisa melihat secara langsung bagaimana kehidupan maleo kelak serta dengan adanya kegiatan ini dapat menigkatkan peminat wisata ekotourism di Bolsel,”. Tutur Bupati.

Diketahui, kegiatan ini juga turut dihadiri Wakil Bupati Bolsel Deddy Abdul Hamid, Sekda Bolsel Marzaius Arvan Ohy, Kapolres Bolsel, Kacabjari Dumoga, Ketua Tim Penggerak PKK, pimpinan OPD, staf ahli, Staf khusus, para Camat dan Sangadi. (Advetorial)

Reporter: Holan Botutihe

Komentar