Pemdes Bai Ikuti Bimtek Selama 3 Hari Terkait Peningkatan Kapasitas Perangkat Desa Dalam Pengelolaan Keuangan

BOGANINEWS, BOLTIM – Pemerintah Desa (Pemdes) Desa Bai Kecamatan Nuangan Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim), mengikuti Bimbingan teknis (Bimtek) terkait peningkatan kapasitas perangkat desa dalam pengelolaan keuangan.

Kegiatan yang digelar oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Boltim, dilaksanakan selama tiga hari pada Kamis, (4/8/2022) kemarin malam, sampai dengan hari ini Minggu (6/8/2022), bertempat di Hotel Mercure Manado.

Data pantauan media ini, Bimtek diikuti ratusan perangkat desa se-Bolaang Mongondow Timur, dan menghadirkan pemateri seperti Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto yang membuka kegiatan itu, sekaligus memberi materi mengenai ruang lingkup integritas dan loyalitas perangkat desa, selanjutnya dari Kapolres Boltim AKBP I Dewa Nyoman Agung Surya Negara S.I.K., Kadis PMD Boltim Hendra Tangel, dari Anggota DPRD Boltim, dan pemateri dari provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Dalam pemaparannya, Bupati menekankan bahwa loyalitas adalah harga mati bagi setiap perangkat desa, agar roda pemerintahan di desa bisa jalan.

“Perlu diketahui, bagi semua perangkat desa harus loyal kepada sangadi, agar bisa tercipta team work. Kemudian sangadi harus loyal kepada bupati. Kalau ada yang tidak disiplin dan loyal, berarti tidak bisa diajak bekerja sama,” tegas Bupati.

Sementara itu, Sangadi Desa Bai Hamdi Lamaluta saat mengikuti kegiatan yang berlangsung mengapresiasi Dinas PMD dan Pemkab Boltim yang telah melaksanakan Bimtek terkait peningkatan kapasitas perangkat desa dalam pengelolaan keuangan.

“Terimakasih pak Bupati Boltim dan Dinas PMD yang telah memberikan edukasi sosialisasi juga Bimtek terkait peningkatan kapasitas perangkat desa, dan bagaimana cara pengelolaan keuangan yang baik di desa, juga jalannya pemerintahan di desa, tentang loyalitas perangkat desa terhadap sangadi sangat penting sehingga bisa tercipta tim kerja (team work) dalam pelaksanaan penyelenggaraan pemerintahan di desa,” ucap Sangadi Bai.

Dikatakannya, selama tiga hari kegiatan, Bimtek, seluruh perangkat desa, menerima materi dari berbagai sumber.

“Barusan kita terima menteri dari pak Bupati, Pak Kapolres Boltim, dan Kadis PMD Boltim. Kegiatan ini sangat penting bagi kami untuk mengetahui peningkatan kapasitas perangkat, tupoksi kinerja masing-masing perangkat mulai dari Sangadi dan jajarannya, juga kita memahami bagaimana cara kerja tim dalam pengelolaan keuangan di desa,” ujarnya.



Reporter Agung Mokodompit

Komentar