Bupati Boltim Jadi Irup HUT RI ke-77

BOGANINEWS, BOLTIM – Bupati Bolaang Mongondow Timur Sachrul Mamonto, Rabu (17/8/2022) jadi Inspektur Upacara (Irup) peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77, bertempat di lapangan Gogaluman Tutuyan.

Dalam pidatonya Bupati mengatakan, dalam rangka HUT Proklamasi ini, sebagai warga Negara yang baik, harus selalu menanamkan sikap patriotisme.

“Memperingati Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, sebagai warga Negara dan masyarakat Boltim, kita harus terus bersama-sama berjuang untuk memajukan Negara dan daerah melalui berbagai sektor, terutama pembangunan, penguatan dan peningkatan perekonomian. Selain itu, kita juga harus terus melestarikan budaya daerah dan menjaga keutuhan NKRI,” ucap Sachrul.

Dikatakannya, sesuai tema HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 tahun ini “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”, merupakan wujud persatuan dan kesatuan.

Diketahui, turut hadir dipanggung kehormantan pada HUT RI ke-77 diantaranya, Wakil Bupati Boltim, Oskar Manoppo, Kapolres Boltim AKBP. I Dewa Nyoman Agung Surya Negara SIK, unsur Forkopimda, Ketua Tim Penggerak PKK Ny Seska Ervina Budiman, Sekretaris Daerah, Sonny Warokka, para Asisten, pimpinan dan Ketua juga Anggota DPRD Boltim, pimpinan SKPD, Ketua bersama Anggota KPU Boltim, Pimpinan Bawaslu Boltim dan Organisasi Kemasyarakatan yakni KNPI Boltim, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya. Upacara juga diikuti barisan ASN dan seluruh Sangadi se-Kabupaten Boltim.

Pantauan media ini, upacara diawali dengan pembacaan Teks Proklamasi oleh Ketua DPRD Boltim Fuad Landjar. Selanjutnya penyerahan bendera merah putih kepada pasukan Paskibraka oleh bupati dan dilanjutkan pengibaran bendera merah putih.

Pengibaran bendera Merah Putih oleh Paskibraka pun berjalan dengan baik dan lancar. Formasi pengibaran yang berjumlah tiga kelompok, terdiri kelompok 17, 8 dan 45 dengan pasukan gabungan Paskibraka, TNI dan Polri, sukses menjalankan tugas mulia tersebut.

Usai upacara, dilanjutkan dengan penampilan gitar kerongcong dan nyayian oleh Budayawan dan Seniman Bolaang Mongondow Uleg Ponubu. Selanjutnya Bupati yang didampingi Wakil Bupati, Ketua DPRD dan Kapolres, menyerahkan penghargaan kepada ASN naik pangkat, ASN berahlak mulai ASN terbaik dan penghargaan kepada Atlet terbaik.

Bupati juga menyerahkan hadiah kepada para pemenang lomba gerak jalan tingkat desa, gerak jalan tingkat SD, SMP, SMA dan penyerahan hadiah kepada pemenang lomba drum band tingkat SD dan SMP.

Rangkaian acara diakhiri dengan atraksi dan goyang dana-dana oleh anggota Paskibraka, penampilan drum band SMP dan SD Tutuyan dan foto bersama seluruh tamu undagan yang hadir. (Advetorial)

 

Reporter: Agung Mokodompit