Cuaca Ekstrim, Akses Jalan Menuju Jiko Belangan Ambruk

BOGANINEWS, BOLTIM – Akibat intensitas curah hujan yang tinggi, sehingga mengakibatkan akses jalan menuju Desa Jiko Belanga Kecamatan Nuangan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Selasa (19/7/2022) mengalami longsor. Tak hanya itu, separuh badan jalan ambruk sehingga tidak bisa dilintasi kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

Menurut Sangadi Jiko Belanga, Riman Mahuno, kondisi jalan menuju desanya telah putus. “Akibat curah hujan tinggi selama hampir seminggu, maka jalan menuju desa kami longsor. Akses jalan menuju desa kami tidak bisa di lalui oleh kendaraan bermotor,” ungkap Sangadi Jiko Belanga.

Dikatakannya, longsor diperkirakan terjadi subuh. Terkait kejadian ini, pihaknya sudah melaporkan ke Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Boltim.

“Kami sudah melaporkan ke Pemda Boltim, dan respon cepat dari Kadis PUPR telah menurunkan tim dan alat berat membersihkan material longsor, juga memperbaiki jalannya,” kata Sangadi.

Sementara itu, Kadis PUPR Boltim Haris Pratama Sumanta, langsung berkoordinasi dengan tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk segara mengecek lokasi. “Pagi ini kami sudah turunkan tim, juga alat berat untuk membersihkan material longsor, juga memperbaiki jalan yang patah akibat longsor,” aku Sumanta.

Pemerintah Daerah Boltim melalui BPBD juga menghimbau agar masyarakat di pegunungan dan pesisir pantai, agar lebih berhati-hati dalam keadaan cuaca ektrim.

“Ini Musim penghujan, bagi warga yang berada dibantaran sungai, pantai dan pegunungan, agar lebih berhati-hati. Tetap waspada dan koordinasi jika ada bencana,” pinta Kaban BPBD Boltim.



Reporter Agung Mokodompit.

Komentar