Wabup Bolsel Lepas Rombongan JCH 

BOGANINEWS, BOLSEL – Wakil Bupati (Wabup) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Deddy Abdul Hamid, Jumat (24/06/2022) melepas rombongan Jamaah Calon Haji (JCH) 1443 Hijriyah Kabupaten Bolsel, di gedung pelayanan Haji dan Umroh, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bolsel, Kawasan Perkantoran Panango, Desa Tabilaa, Kecamatan Bolaang Uki.

Dalam sambutannya Wabup mengucapkan syukur karena akhirnya tahun ini Pemerintah Arab Saudi telah membuka pintu bagi kedatangan JCH Indonesia. “Bapak-Ibu yang masuk dalam kuota haji tahun ini wajib bersyukur, diwujudkan dengan menjaga kesehatan, serta beribadah di tanah suci dengan sebaik-baiknya,” kata Wabup.

Ia juga mengimbau kepada seluruh JCH Bolsel agar senantiasa menerapkan protokol kesehatan dan pola hidup sehat secara disiplin, sehingga keseluruhan rangkaian ibadah haji dapat ditunaikan dengan baik meski dinilai telah kondusif, namun Covid-19 masih ada dan keberadaannya sangat nyata.

“Kepada JCH Bolsel walaupun telah mendapatkan vaksinasi lengkap Covid-19, tetap berupaya menjaga kesehatan dengan mengatur makan, minum dan istirahat yang cukup sehingga mampu menjalankan seluruh kewajiban, rukun, serta sunnah ibadah haji,” pintanya.

Wabup menegaskan, JCH juga harus disiplin mengatur waktu dan mengikuti arahan ketua kloter, pembimbing ibadah, serta petugas kesehatan haji. “Jadwal dan waktu yang telah ditentukan hendaknya diperhatikan dan diikuti dengan baik, sehingga bapak-ibu  dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan baik,” jelasnya.

Ia pun berpesan kepada seluruh JCH Bolsel selain berdoa untuk diri sendiri dan keluarga, juga mendoakan Kabupaten Bolsel. “Doakan daerah kita senantiasa mendapatkan perlindungan dari Allah Subhanawataala, terbebas dari bencana, dan mampu mengurai berbagai macam permasalahan yang tengah dihadapi,” pintanya.

Diketahui, JCH Bolsel tahun 2022 (1443 H) berjumlah delapan orang dan ditambah 1 orang petugas haji atas nama Moh. Dzulkifli Latoale (Kasie Haji dan Umroh Kemenag Bolsel). Kuota Haji Kabupaten Bolsel tahun 2022 sebenarnya sebanyak 14 orang, namun regulasi dari Pemerintah Arab Saudi yang membatasi umur 60 tahun Jamaah Haji tahun ini dan kendala teknis lainnya, sehingga praktis hanya 8 orang memenuhi syarat untuk berangkat haji.

Turut hadir pada pelepasan JCH ini diantaranya, Kepala Kantor Kemenag Bolsel, Asisten Pemerintahan dan Kesra Alsyafri Kadullah, para staf khusus Bupati, jajaran pimpinan OPD serta undangan lainnya.

 

Holan

Komentar