Meriahkan HUT Kabupaten Boltim, Ketua DPD KNPI Boltim akan Gelar Lomba Permainan Tradisional

BOGANINEWS, BOLTIM – Dewan Pengurus Daerah (DPD) II Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Bolaang Mongondow Timur (Boltim), turut memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-14 Boltim yang tinggal menghitung hari.

Dihari yang spesial bagi masyarakat Boltim, rencananya Pemuda Ketua DPD II KNPI Boltim terpilih, Moh Izra Haliantara Mamonto dan jajarannya, akan menggelar lomba permainan tradisional, seperti Langkadan dan Paki’. Kegiatan lomba itu diselenggarakan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-14 Boltim.

Ketua DPD KNPI Boltim Moh Izra Haliantara Mamonto, mengatakan, lomba permainan tradisional itu akan digelar pada 18 Juli sebagai bagian dari rangkaian perayaan HUT ke-14 Boltim yang diperingati pada 21 Juli mendatang.

“Banyak permainan tradisional Bolmong yang mulai hilang, dan jarang anak-anak juga pemuda tahu, karena seiring perkembang teknologi. Nah, melalui momentum HUT Boltim kali ini, kita lombakan permainan tradisional sebagai upaya kita untuk melestarikan permainan tradisional yang mulai ditinggalkan generasi saat ini,” kata Ketua DPD KNPI Boltim, Moh. Izra Haliantara Mamonto.

Lanjutnya, lomba Langkadan dan Paki’ itu akan melibatkan peserta yang merupakan utusan dari setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), dan semua pemuda di desa yang ada di Bolaang Mongondow Timur. “Kita harap dukungan dan kerja sama dari semua pihak untuk menyukseskan kegiatan ini,” harap Icat, sapaan akrab anak Bupati Boltim ini.

Selain Langkadan dan Paki’, akan ada juga lomba Mokayug Bango’ (Cukuran Kelapa) yang akan diikuti utusan pemuda dari masing-masing desa.

“Setiap pemenang lomba akan mendapatkan hadiah berupa trophy dan uang pembinaan. Ayo kita ramaikan HUT Boltim dengan hal-hal yang positif, mari kita lestarikan budaya adat Bolmong,” pungkasnya.

 

Agung Mokodompit

Komentar