Sachrul Tegaskan, Pelayanan Kesehatan Lebih Ditingkatkan

BOGANINEWS, BOLTIM – Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sam Sachrul Mamonto, Selasa (17/5/2022) memimpin apel perdana untuk Tenaga Kesehatan (Nakes) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pratama Boltim di Purworedjo.

Sachrul Tegaskan, Pelayanan Kesehatan Lebih Ditingkatkan
Sachrul Tegaskan, Pelayanan Kesehatan Lebih Ditingkatkan.

Bupati dalam penyampaiannya mengatakan, alasan dilaksanakan apel perdana di Rumah Sakit Pratama yakni untuk menghidupkan aktivitas, sekaligus meninjau langsung keberadaan rumah sakit.

“Kenapa saya apel di sini, yakni untuk menghidupkan aktivitas kegiatan dan meninjau langsung keberadaan rumah sakit dan tenaga kesehatan yang ada di Kecamatan Modayag. Karena selama ini, apel perdana selalu dilaksanakan di Kecamatan Tutuyan,” kata Bupati.

 

Bupati juga berpesan kepada pada Nakes, agar dalam pelayanan ke masyarakat harus profesionalitas dan proporsional.

“Rumah sakit kita akan berkembang menjadi rumah sakit yang besar. Kalianlah yang pertama mulai mengawali proses dari rumah sakit ini. Memang kita baru melakukan rawat jalan dan belum rawat inap, tapi tahun ini kita akan rubah status rumah sakit menjadi rawat inap. Selain itu, tahun depan kita akan dapat dana untuk perlengkapan ketersediaan Alkes dan penambahan tenaga kesehatan,” jelasnya.

Dikatakannya lagi, ada banyak berita miring bagi tenaga kesehatan, karena kritikan masyarakat, keluarga pasien terkait pelayanan kesehatan. Tapi tetap semangat dan lakukan pelayanan yang maksimal, ramah dan santun, disiplin, loyalitas dan proporsional, karena disitulah di uji kedisiplinan kalian, mulai Nakes dari rumah sakit, Puskesmas dan seluruh Nakes yang ada di Boltim.

“Kalian berkesempatan dapat posisi kerja di rumah sakit. Jika ada ASN di sini yang minta pindah ke tempat lain yang lebih dekat dengan rumahnya, maka saya akan pidahkan ke lokasi yang jauh. Makanya nikmati dan sayangi pekerjaan. Kalian ditempatkan di sini, karena memiliki kriteria penilaian dan kinerja yang baik sampai di tempat kan di sini. Kedepannya kita akan tambah dua sampai tiga dokter lagi. Semoga rumah sakit ini menjadi pelayanan kesehatan penuh, dan bisa memakmurkan masyarakat, menyehatkan masyarakat dan menjadi rumah sakit kebanggaan di Boltim,” harapnya.

Di penghujung apel, Bupati mengecek kehadiran dan kinerja setiap Kapus dan tenaga kesehatan, terkait pelayanan kesehatan. Bupati juga menerima laporan terkait kekurangan alkes di tiap puskesmas juga kasus penyakit DBD dan stunting di Kecamatan Mooat.

Sementara itu, Dirut RSUD Boltim dr. Minarni Manoppo, melaporkan kondisi perkembangan di Rumah Sakit, terkait

Izin operasional dan pendaftaran di Kemenkes, untuk menjadi RS Rawat jalan.

“Alhamdulillah semua pegawai hadir. Sejauh ini pelayanan masih rawat jalan dan keadaan masih tetap kondusif untuk pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” kata Minarni.

Turut hadir pada apel tersebut diantaranya, Sekda Boltim, Asisten satu, dua dan tiga, Kepala SKPD, Kepala Puskesmas se-Boltim,.dan seluruh tenaga kesehatan lingkup Pemkab Boltim.

 

Reporter Agung.

Komentar