Pj Bupati Bolmong Limi Mokodompit Disambut Secara Adat

BOGANINEWS, BOLMONG – Baru saja dilantik sebagai Pj Bupati Bolmong, Limi Mokodompit langsung disambut oleh masyarakat di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong).

Saat tiba di Bolmong, Senin 23 Mei 2022, Limi Mokodompit langsung disambut hangat dan meriah oleh ribuan warga tepat di gerbang masuk Kabupaten, tepatnya di Desa Poigar, Kecamatan Poigar.

Tak hanya itu, selama perjalanannya menuju Rumah Dinas (Rudis) Bupati Bolmong, ia juga disambut dengan adat oleh masyarakat di hampir setiap desa yang dilaluinya.

Terakhir, Limi Mokodompit disambut secara adat saat menuju kediaman Rumah Dinas Bupati Bolmong di Kecamatan Lolak yang dihadiri langsung oleh mantan Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow dan Wakil Bupati Yanny Ronny Tuuk yang kini purna tugas.

Proses adat suku Mongondow pun dilakukan untuk menjemput kedatangan Limi Mokodompit bersama istrinya mulai dari tari Tuitan, tari ronggo, Kabela hingga mendengarkan itum-itum monabang oleh Sejarawan Bolmong Chairun Mokoginta dan diapit melalui tolatak molampang kon uatoi, dan memasuki ruang pelaksanaan adat yakni, untuk mengikuti prosesi penyematan bandang atau salempang, penyerahan tongkat oleh Bupati Yasti dan pengukuhan Bupati sebagai Kolano.

Pj Bupati Bolmong, Limi Mokodompit saat memperkenalkan keluarganya usai penyambutan secara adat di rumah Dinas Bupati Bolmong.

Yasti dalam penyampaiannya usai mengikuti seluruh prosesi adat mengungkapkan bahwa, ditunjuknya Limi Mokodompit sebagai Pj Bupati Bolmong, merupakan bukti komitmen dari Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw kepada warga Bolmong.

“Ini bukti komitmen Gubernur dan Wagub Sulut kepada masyarakat Bolmong, karena pada saat mereka di Bolmong waktu itu mereka telah berjanji bahwa yang bakal mengemban tugas sebagai Pj Bupati yakni putra asli daerah, dan terbukti putera terbaik daerah tersebut bapak Limi Mokodompit,” kata Yasti.

Tampak antusias warga saat menyambut Pj Bupati Bolmong.

Dikatakan Yasti, selaku masyarakat Bolmong mengaku gembira karena Limi Mokodompit bisa kembali untuk melaksanakan tugas sebagai pelayan masyarakat di Kabupaten Bolmong.

“Doa saya semoga Bapak Limi bersama istri diberikan kesehatan, kekuatan hingga kesuksesan dalam memimpin Kabupaten Bolmong,” ucapnya.

“Seluruh masyarakat Kabupaten Bolmong banyak berharap kepada bapak agar Bolmong kedepan di tangan Ir Limi Mokodompit akan jauh kebih baik dan maju dari kepemimpinan kami sebelumnya,” jelas Yasti.

Sementara Pj Bupati Limi Mokodompit saat sambutannya mengapresiasi seluruh elemen masyarakat, pejabat hingga tokoh adat dan agama karena telah menyambut dan menerima kehadirannya di Bolmong dalam melaksanakan tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.

“Secara khusus saya sampaikan terima kasih juga kepada bapak Mendagri,m dan Gubernur Sulut karena telah mempercayakan saya sebagai Pejabat Bupati di daerah ini,” ucap Limi.

Limi juga berterima kasih kepada Bupati dan Wabup Bolmong periode 2017-2022 yang selama kurun waktu 5 tahun telah membangun, bekerja keras, tulus dan ikhlas melayani daerah Bolmong.

“Sehingga Bolmong sudah sangat banyak mengalami perubahan, perlembangan, pertumbuhan bahkan kemajuan yang begitu pesat, serta banyak meraih penghargaan baik dari pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi Sulut,” ungkap Limi.

Limi pun memohon doa restu, dukungan support serta kerjasama dari seluruh elemen masyarakat Bolmong untuk kemajuan Kabupaten Bolmong.

“Saya mohon bantuan serta support penuh dari masyarakat agar saya dapat melaksanakan dan meneruskan berbagai program pembangunan di Kabupaten Bolmong yang telah direncanakan sebelumnya oleh Bupati dan Wabup Bolmong periode 2017-2022,” katanya.

Menurutnya, pembangunan di Bolmong tak mungkin akan berjalan mulus tanpa dukungan dan kerjasama yang baik antara pemerintah dan masyarakat.

“Bila rakyatnya kuat dan didukung penuh oleh pemerintah maka pasti pembangunannya maju. Spirit fighting sebagai warga negara akan menentukan langkah pemimpinnya di masa mendatang, oleh karenannya apa yang sudah dibangun oleh Bupati Yasti dan Wabup Yanny wajib untuk didukung,” tutup Limi. (Advertorial)

Komentar