Pemkab Bolmong Gelar Upacara Peringatan Hari Kartini

BOGANINEWS, BOLMONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong), menggelar upacara memperingati Hari Kartini, di lapangan kantor bupati, Kamis (21/4/2022).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Asisten III Pemkab Bolmong Ashari Sugeha dalam sambutannya sambutanya mengatakan, peringatan Hari Kartini merupakan momentum yang sangat berarti bagi seluruh masyarakat untuk mengenang kembali jasa Kartini selaku pelopor kebangkitan kaum perempuan Indonesia.
Lebih lanjut dikatakan Ashari, perempuan merupakan tokoh sentral yang memiliki kemampuan dan kapasitas luar biasa besar dalam membentuk karakter bangsa.

“Kemampuan ini yang mendasari Ibu Kartini dalam merubah tatanan kehidupan masyarakat terkait posisi perempuan kala itu,” kata Ashari.

Menurutnya, perjuangan Kartini dapat menjadi inspirasi bagi kaum perempuan Indonesia, tidak mengenal lelah, tetap bersahaja dengan tidak meninggalkan keluhuran kodratnya sebagai perempuan.

“Perjuangan inilah yang kemudian akan mengawali kiprah kaum perempuan untuk turut berpartisipasi dalam memberikan warna dan makna di tengah kehidupan masyarakat,” kata Ashari.
Adapun terkait pembangunan di Kabupaten Bolmong, khususnya pemberdayaan kaum perempuan, terdapat banyak program pembangunan yang membutuhkan partisipasi kaum perempuan sebagai salah satu motor penggerak pembangunan.

“Yaitu, dengan memastikan keikutsertaan perempuan dalam berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan, serta ikut berperan aktif dalam kerjasama global untuk pembangunan dan kesejahteraan bersama,” kata Ashari.
Ashari Sugeha pun menyebut Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow layak disebut sebagai sosok Kartini di era modern atau dengan istilah Kartini zaman now.

Hal itu dikatakan Ashari, karena menurutnya Bupati Yasti dianggap berperan sangat aktif dalam keberlangsungan pembangunan di Kabupaten Bolmong.

“Tak bisa dipungkiri, saat ini juga sangat banyak perempuan khususnya di Bolmong yang menduduki dan memegang jabatan strategis di berbagai tingkatan pemerintahan, baik itu di legislatif maupun di eksekutif. Salah satunya bupati kita, Yasti Soepredjo Mokoagow, yang terbilang telah berjuang penuh demi kelangsungan pembangunan di Bolmong, dan berkontribusi nyata dalam proses penyelenggaraan pemerintah dan masyarakat,” ujarnya.

Oleh sebab itu, lewat momentum ini Ashari pun mengajak para Kartini Bolmong untuk lebih cerdas menyikapi perkembangan zaman dengan memberikan kerja dan karya terbaik demi peningkatan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat Kabupaten Bolmong.

“Mari kita semua, terutama perempuan Bolmong agar menyikapi dengan cerdas perkembangan zaman saat ini dengan menyadari peran dan fungsi perempuan sebagai penerus perjuangan Raden Ajeng Kartini,” harapnya. (Advertorial)

Komentar