Dikbud Boltim Gelar Sosialisasi Akreditasi Lembaga PAUD Bekerjasama dengan BAN PAUD dan PNF Sulut

BOGANINEWS, BOLTIM – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud), Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), menggelar sosialisasi akreditasi lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) bekerjasama dengan Badan Akreditasi Nasional (BAN) PAUD dan Pendidikan Nonformal (PNF) Propinsi Sulawesi Utara (Sulut) Tahun 2022.

Dikbud Boltim Gelar Sosialisasi Akreditasi Lembaga PAUD Bekerjasama dengan BAN PAUD dan PNF Sulut
Dikbud Boltim Gelar Sosialisasi Akreditasi Lembaga PAUD Bekerjasama dengan BAN PAUD dan PNF Sulut.

Bertempat di balai pertemuan kantor Dikbud Boltim, Kamis (21/4/2022) Kepala Dikbud Boltim Yusril Damopolii didampingi Kepala Bidang Pendidikan Nonformal (PNF) Harianto Mamonto, membuka secara resmi sosialisasi akreditasi lembaga PAUD.

Dalam penyampaiannya Yusril Damopolii mengatakan, kegiatan sosialisasi ini kerja sama antara Dinas Pendidikan Boltim dengan Badan Akreditasi Nasional Propinsi Sulawesi Utara tentang akreditasi lembaga PAUD di Boltim.

“Ini dalam rangka memberikan pemahaman yang maksimal kepada semua penyelenggara PAUD se- Kabupaten Boltim, dalam rangka persiapan pelaksanaan akreditasi di setiap lembaga PAUD,” jelasnya.

Ia juga berharap, seluruh peserta dapat mengikuti dan memahami materi sosialisasi terkait penyelenggaraan PAUD di Boltim. “Karena ini adalah persiapan akreditasi di setiap lembaga Paud, jadi harus di pahami,” pintanya.

Senada yang dikatakan Kabid PNF Hariyanto Mamonto, adapun yang harus disiapkan oleh setiap satuan pendidikan adalah dokumen delapan standar Paud.

“Akreditasi PAUD dan PNF merupakan kegiatan penilaian yang dilakukan untuk mengetahui kelayakan pada PAUD dan PNF berdasarkan kriteria yang telah di tetapkan untuk memberikan jaminan mutu pendidikan yang berkualitas pada satuan pendidikan usia dini,” jelasnya.

“Sehingga itu, satuan pendidikan PAUD dan PNF wajib melakukan akreditasi yang dilakukan oleh lembaga PAUD dan PNF maupun pihak terkait, agar satuan pendidikan tersebut mendapaktan akreditasi yang baik, dan para orang tua tidak ragu jika ingin menyekolahkan anak pada satuan pendidikan tersebut,” tambahnya.

 

Dokumen 8 Standar Paud:

 

  1. Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak

 

  1. Standar Isi

 

  1. Standar Proses

 

  1. Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan

 

  1. Standar Sarana Prasarana

 

  1. Standar Pengelolaan

 

  1. Standar Pembiayaan

 

  1. Standar Penilaian Pendidikan

 

Sumber : Dikbud Boltim

Komentar