Bahas HUT Kotamobagu, Bapemperda DPRD Kotamobagu Gelar RDP dengan Disparbud dan Pemerhati Sejarah

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kotamobagu, Selasa (5/4/2022) menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) pembahasan penyusunan Rancangan Pertautan Daerah (Ranperda) Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Kotamobagu.

RDP ini dihadiri langsung oleh Ketua Bapemperda, Anugerah Beggie Gobel yang memimpin langsung RDP, yang didampingi Dani Iqbal Mokoginta, Yunita Lontoh, Abdul Haris Mongilong, Fahrian Mokodompit, Reggie Manoppo, tenaga ahli Isak Sugeha, serta diikuti Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kotamobagu, dan para pemerhati sejarah diantaranya Murdiono Mokoginta dan Wahyu Pratama Andu.

Menurut Ketua Bapemperda DPRD Kotamobagu, Beggie Gobel mengatakan, lewat RDP itu adalah bentuk menyerap aspirasi masyarakat.

“Bapemperda, mencoba mendengarkan aspirasi dari masyarakat, dalam membuat atau merubah serta menyusun suatu Ranperda. Salah satunya terkait dengan HUT Kota Kotamobagu ini,” katanya.

Terkait hal itu, pemerhati sejarah Murdiono Mokoginta memberikan apresiasi kepada DPRD dan Pemkot Kotamobagu yang telah mendengarkan aspirasi para pegiat sejarah, budayawan, dan masyarakat luas di Kota Kotamobagu untuk mengubah HUT Kotamobagu yang selama ini diperingati tanggal 23 Mei sejak tahun 2007, diubah dengan ‘Hari Jadi’ yang berlandaskan pada aspek historis yang jelas didukung dengan fakta-fakta sejarah yang kredibel.

“Sejarah Kotamobagu terekam dalam memori kolektifitas rakyat yang sejak dahulu kala membangun, berjuang, dan bangkit sepenuh hati membangun Kotamobagu dengan tulus tanpa pamrih,” kata Murdiono.

Olehnya kata dia, tanggal HUT Kota Kotamobagu harus berdasarkan sejarah agar Kota Kotamobagu memiliki ruh yang kuat.

“Sudah saatnya kita menghimpun memori sejarah itu dalam kesatuan pikiran dengan mengubah HUT Kota Kotamobagu berdasarkan sejarah. Saya rasa, dengan kesadaran itu, pembangunan Kotamobagu ke depan akan memiliki ruh yang kuat dan visi kebudayaan lokal Walikota dan Wakil Walikota Kotamobagu terealisasi dalam usaha yang mulia ini,” ujarnya. (Advertorial)

Komentar