Tim Audit Inspektorat Mulai Periksa ADD, DD DBH 18 Desa di Boltim

BOGANINEWS, BOLTIM – Selama bulan Maret tahun 2022 tim auditor dari Inspektorat dari Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), mulai melakukan audit atau pemeriksaan Anggaran Dana Desa (ADD), Dana Desa (DD), dan Dana Bagi Hasil (DBH) tahun anggaran 2021 di 81 Desa se-Kabupaten Boltim.

Hal ini disampaikan Kepala Inspektorat Boltim, Hardiman Pasambuna. Dikatakannya, pihaknya akan melakukan pemeriksaan selama satu bulan.

“Pemeriksaan sudah di mulai dari tanggal 7 sampai 28 Maret 2022. Kita melaksanakan audit di 81 desa di Boltim. Auditor sudah di bagi empat tim yang turun di seluruh desa,” aku Hardiman.

Lanjutnya, tim akan melakukan pemeriksaan DD, ADD dan DBH tahun anggaran 2021, serta aset desa. Dalam pemeriksaan tim auditor akan mengunakan aplikasi Sistem Pengawasan Keuangan Desa (Siswaskeudes) sesuai edaran Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Untuk pemeriksaan kita menggunakan aplikasi Siswaskeudes, sehingga seluruh dokumen pengelolaan DD, dan ADD terintegrasi ke sistem aplikasi untuk mempermudah tim auditor melakukan pemeriksaan di setiap desanya,” jelasnya.

Sedangkan hasil pemeriksaan katanya, langsung di bacakan oleh ketua tim dihadapan Sangadi (kepala desa) dan pengelola ADD dan DD. “Masing-masing ketua tim auditor langsung membacakan setelah selesai pemeriksaan guna mempercepat tindak lanjut jika ada temuan,” terangnya

Ia juga berpesan, kepada seluruh desa yang belum diperiksa, agar secepatnya menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan guna mempercepat pelaksanaan audit.

“Persiapkan semuanya. Jadi dokumen harus lengkap, yakni Surat Pertanggungjawaban. Begitu pun dengan penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT), harus dihadirkan saat pemeriksaan sebagai bukti penyaluran BLT,” pungkasnya.

Reporter Agung

Komentar