Gelar Adat Ki Sinungkudan Akan Diberikan Kepada Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow

BOGANINEWS, BOLMONG Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Yasti Soepredjo Mokoagow akan menerima gelar adat Ki Sinungkudan, Senin (21/3/2022) hari ini.

Pemberian gelar adat kepada Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow ini merupakan hasil Musyawarah Adat (Mobakid) Lembaga Adat se Kecamatan Dumoga Timur pada 18 Maret 2022.

Menurut Tokoh Adat Bolmong yang juga Ketua Lembaga Warisan Budaya Bolaang Mongondow Raya (LWB-BMR) Chairun Mokoginta, sebelum pelaksanaan pemberian adat kepada pemangku adat tertinggi Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow, tahapan Mobakid di tiap wilayah sudah digelar lebih dahulu.

“Hasil kesepakatan musyawarah Mobakid tersebut diteruskan ke kabupaten untuk ditindaklanjuti oleh pemangku adat dalam pemberian gelar,” jelas Chairun, Minggu (20/3/2022).

Sementara itu, Murdiono Mokoginta selaku Ketua Lembaga Study Sejarah Bolaang Mongondow Raya (PS2BMR), mengatakan berdasarkan kajian tim dan usulan beberapa tokoh daerah, pemberian gelar adat ini sangat layak disematkan ke Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow.

Menurutnya, Bupati Yasti dinilai telah berkontribusi besar bagi pembangunan masyarakat di Bolmong, mulai menjabat ketua Komisi V DPR RI, hingga menjabat Bupati Bolmong. Sehingga itu 15 pemangku adat kecamatan dan perwakilan desa merekomendasikan serta menyepakati hasil Mobakid untuk pemberian gelar.

“Selain itu Ki Sinungkudan Bolaang Mongondow mampu membawa perubahan dalam kemajuan seperti hadirnya Kawasan Industri Mongondow (KIMONG), Pembangunan Bandar Udara Loloda Mokoagow, Pembangunan Waduk Pindol, Terminal Tipe A di Lolak, serta pembangunan lainnya yang terus dimaksimalkannya,” terangnya.

Lanjutnya, penilaian atas dedikasi Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow yang tulus ikhlas membangun daerah maka pemangku-pemangku adat bersepakat memberikan gelar adat.

“Insya allah pelaksanaan prosesi gelar adat dilaksanakan Senin besok di Lolak,” ungkap dia. (St)

Komentar