Wabup Bolsel Pimpin Apel Kesiapsiagaan Terhadap Potensi Bencana

BOGANINEWS, BOLSEL Wakil Bupati (Wabup) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Deddy Abdul Hamid, Rabu (21/4/2021) memimpin apel kesiapsiagaan daerah dalam mengantisipasi dan meningkatkan kewaspadaan terhadap Plpotensi bencana akibat cuaca ekstrim.

Kegiatan yang dilaksanakan di lapangan futsal alun-alun Molibgu, Kecamatan Bolaang Uki, dirangkaikan dengan penyerahan hibah kendaraan dinas operasional dari Pemda Bolsel ke Polres Bolsel yang diterima langsung Wakapolres Kompol Dadang Suhendra.

Bertindak sebagai pembina apel Wabup menyampaikan bahwa, kegiatan ini merupakan upaya Pemerintah Daerah dalam peningkatan kewaspadaan terdapat ancaman bencana alam Hydrimeteorologi di wilayah Sulawesi Utara.

“Bencana tersebut disebabkan oleh curah hujan yang tinggi dan dalam waktu yang lama,” kata Wabup.

Ia juga mengingatkan beberapa hal yang harus disiapkan dalam menghadapi bencana alam. Diantaranya, kesiapan mental dan fisik, kesehatan, personil dan kelengkapan alat Search and Rescue (SAR), pemetaan wilayah rawan bencana, kesiapsiagaan dalam bertugas di lapangan, sosialisasi tentang potensi dan penanganan bencana di semua lapisan masyarakat, serta saling bekerja sama dalam menangani bencana.

“Dalam melakukan penanganan bencana, harus tetap menjaga protokol kesehatan Covid-19,” kata Wabup.

Diketahui, turut hadir dalam kegiatan tersebut unsur Forkopimda, pimpinan OPD Pemkab Bolsel, pejabat tinggi TNI-Polri, serta instansi lainnya. (Holan)

Komentar