Tim Dinas Kehutanan Sulut, BKSDA, TNDNW dan WCS Kunjungi Bolsel

BOGANINEWS, BOLSEL Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Hi. Iskandar Kamaru, diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Ramli Abdul Madjid, Jumat (19/03/2021), menerima kunjungan kerja Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Reiner Dondokambey, Plt. Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulut, Rima Hutajulu, Kepala Taman Nasional Dumoga Nani Wartabone (TNDNW) dan Wildlife Conservation Society (WCS) Program Manado, Herman Teguh.

Tim Dinas Kehutanan Sulut, BKSDA, TNDNW dan WCS diterima Pemkab Bolsel di kawasan Batu Manangis, Desa Molibagu Kecamatan Bolaang Uki.

Kunjungan ini dalam rangka melihat langsung aktivitas kelompok pecinta lingkungan “Modaga No Suangge” yang telah melakukan upaya pelestarian satwa, melalui penangkaran satwa endemik Sulawesi yaitu Burung Maleo (Macrochepalon Maleo).

Kunjungan ini untuk perencanaan ke depan fungsi pengelolaan kawasan tersebut, secara kolaboratif dimana Pemkab Bolsel selaku pemilik wilayah administratif, Dinas Kehutanan Provinsi Sulut sebagai pengelola teritori wilayah hutan, BKSDA sebagai pengampuh spesies, serta balai TNDNW sebagai penginisiasi dan WCS program Manado, sebagai pemilik program tersebut.

Kadis Kehutanan Provinsi Sulut Reiner Dondokambey, menyampaikan, apresiasi kepada kelompok pecinta lingkungan “Modaga No Suangge” yang telah berupaya menjaga satwa endemik Sulawesi, nantinya akan diperhatikan dalam bentuk fasilitas kebutuhan kelompok termasuk kepada kelompok pembuat gula semut dan gula aren yang berada di lokasi tersebut,” kata Reiner.

Sementara itu, Asisten I Pemkab Bolsel Ramli Abdul Madjid, mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi atas perhatian dari instansi-instansi, terkait permasalahan keanekaragaman hayati di Kabupaten Bolsel.

Diketahui, turut mendampingi Asisten I, Kabag Hukum yang juga Plh. Kabag Tapem Kadek Wijayanto, Sekretaris Bappelitbangda Boby Sampe, serta pejabat eselon Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Pariwisata. (Holan)

Komentar