oleh

Bupati Bolsel Lantik 240 Pejabat Fungsional

BOGANINEWS, BOLSEL Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Hi. Iskandar Kamaru di dampingi Wakil Bupati (Wabup) Deddy Abdul Hamid, Selasa (23/3/2021) melantik dan mengambil sumpah sejumlah pejabat fungsional tertentu dan menyerahkan Surat Keputusan (SK) Pelaksana Tugas (Plt) Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Bolsel. Pelantikan dan pengambilan sumpah ini digelar di aula Kantor Bupati, kompleks perkantoran Panango.

Kegiatan ini diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dilanjutkan dengan pembacaan nama-nama Jabatan Fungsional Tertentu (JFT) dan tempat bekerja. Kemudian, dilanjutkan dengan pembacaan sumpah, penandatanganan berita acara, pembacaan SK tentang penjatuhan hukuman disiplin.

Bupati dalam sambutannya menyampaikan, pelaksanaan kegiatan ini merupakan perwujudan atas amanat Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017.

Baca Juga:  Setelah Pemberian 50 Unit Rumah Nelayan, Pemkab Boltim akan Salurkan 10 Unit Sepeda Motor Bagi Penjual Ikan

“Setiap PNS yang di angkat menjadi pejabat fungsional, wajib dilantik dan diambil sumpah/janji menurut agama atau kepercayaannya kepada Tuhan Yang Maha Esa,” jelas Bupati.

Hal ini kata Bupati, berdasarkan Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 7 tahun 2017 tentang Tata Cara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Jabatan Administrator, Jabatan Pengawas, Jabatan Fungsional dan Jabatan Pimpinan Tinggi.

Bupati juga mengingatkan, agar seluruh ASN harus profesional dan disiplin menurut Peraturan Pemerintah Nokor 53 Tahun 2021 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil, serta menjunjung tinggi etika, menghormati dan menghargai perintah pimpinan.

“ASN harus punya etika, salah satunya harus menghargai pimpinan, apapun perintah pimpinan harus dihargai,” tegasnya.

Lanjutnya, dalam demokrasi pemerintahan ada yang namanya etika birokrasi, yaitu salah satunya menghargai dan menghormati pimpinan. “Hormati pimpinan walaupun golongannya di bawah, tunjukan profesional kalian,” pintanya.

Baca Juga:  DPRD Bolmut Gelar Paripurna LKPJ Tahun 2017

Diketahui, Pejabat Fungsional Tertentu yang dilantik sebanyak 240 pejabat, SK Plt diserahkan 10 orang, ASN yang dikenai sanksi 3 orang (2 penurunan pangkat, 1 penurunan berkala). Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, Sekda Bolsel Marzanzius Arvan Ohy, Asisten III Rikson Paputungan dan para pimpinan perangkat daerah se-Kabupaten Bolsel. (Holan)

Komentar

BERITA LAINNYA