oleh

Bupati Bolsel Hadiri Pencanangan Rumah Data Kependudukan Paripurna Kampung KB

BOGANINEWS, BOLSEL Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) H. Iskandar Kamaru, bersama Wabup Deddy Abdul Hamid, Rabu (10/02/2021) menghadiri kegiatan pencanangan Rumah Data Kependudukan Paripurna Kampung KB Desa Transpatoa dan Percepatan Penurunan Stunting dan Pencegahan Stunting, launching pelayanan KB Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) dan BKOB tahun 2021, yang dilaksanakan di Desa Transpatoa Kecamatan Helumo.

Dalam penyampaiannya Bupati mengatakan, tersedianya data dan indikator pembangunan yang terkini, valid dan terpercaya merupakan kebutuhan penting bagi pelaksanaan intervensi pembangunan di seluruh tingkatan wilayah. Sehingga keberadaan rumah dataku penting untuk didirikan di seluruh desa, untuk memasok kebutuhan-kebutuhan data yang akan digunakan dalam perencanaan dan pelaksanaan program pembangunan.

“Ada enam rumah data yang akan dibentuk dengan klasifikasi paripurna dan integratif yang berlokasi di Desa Meyambanga Timur, Tolutu, Tolondadu 1, Ilomata, Deaga dan Dayow,” sebutnya.

Terkait dengan stunting, Bupati mengatakan, di Kecamatan Pinolosian Timur terjadi penurunan stunting yang signifikan. “Ini merupakan kabar gembira. Namun bukan berarti permasalahan stunting sudah tidak ada,” katanya.

Sementara itu, Kepala BKKBN Provinsi Sulut, Tino Tandayu yang turut hadir dalam kegiatan itu berharap, agar Pemkab Bolsel terus memberi dukungan serta bersinergi dengan Pemprov terkait rumah data dan percepatan penurunan stunting. Diketahui, Kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan Rumah Data Kampung KB Mangrove dan pemasangan KB implan gratis di PKM Duminanga.

Turut hadir pada kegiatan tersebut para pimpinan OPD, Camat, Sangadi (kepala desa), penyuluh dan petugas pembantu KB, serta masyarakat. (Holan)

Komentar

BERITA LAINNYA