Bupati Bolsel Buka Forum Pencanangan Vaksinasi Covid-19

BOGANINEWS, BOLSEL Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Hi. Iskandar Kamaru, didampingi Wakil Bupati (Wabup) Deddy Abdul Hamid, Senin (01/02/2021) membuka Forum Pencanangan Vaksinasi Covid-19 yang digelar di lapangan Futsal Molibagu.

Dalam sambutannya Bupati mengatakan, vaksinasi Covid-19 ini pertanda bahwa pemerintah menjalankan fungsi dan tanggungjawabnya dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat.

“Simbolisasi penerimaan vaksin kepada pejabat publik hari ini diharapkan, dapat menumbuhkan optimisme dan harus digaungkan agar dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat, bahwa vaksin ini aman dan halal karena sudah mendapat otorisasi dari Badan POM dan MUI,” terang Bupati.

Bupati juga berharap, peran serta para Camat dan Sangadi (kepala desa) dapat memberikan pemahaman yang benar kepada warga akan pentingnya vaksin ini, agar tidak muncul hoax dan mis informasi.

“Setelah vaksinasi, tidak serta merta menghentikan pandemi. Tapi semua tetap terus waspada dan menjalankan protokol kesehatan 3M (mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak),” pintanya.

Lebih lanjut Iskandar menjelaskan, distribusi vaksin Covid-19 di Kabupaten Bolsel saat ini sebanyak 1.500 dosis, dengan sasaran awal Forkopimda dan tenaga kesehatan yang akan dilakukan pengulangan penyuntikan setelah 14 hari ke depan. Sementara untuk sasaran vaksinasi selanjutnya bertahap dari TNI/Polri, ASN layanan publik dan masyarakat umum. Sedangkan mekanisme pelaksanaan vaksinasi ini dilakukan dalam 4 tahap yaitu tahap pendaftaran, tahap screening, tahap penyuntikan vaksin dan tahap evaluasi kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI).

Diketahui, jajaran Forkopimda Kabupaten Bolsel menerima suntikan perdana Vaksin Covid-19, akan tetapi Bupati, Wabup dan Sekda tidak lolos screening dan belum disuntik vaksin karena ada penyakit penyerta. Danramil Bolaang Uki Kapten (Inf) Demesus Abraham menjadi orang pertama yang divaksin disusul oleh Kajabcari Evans Sinulingga. Turur hadir Anggota DPR RI Komisi V H. Herson Mayulu SIP, unsur Forkopimda, Kajabcari Dumoga Evans Sinulingga, Ketua DPRD Ariffin Olii, Ketua TP PKK/Ketua PMI Ny. Selpian Kamaru-Manoppo, pimpinan BSG Molibagu, Sekda Marzanzius Arvan Ohy SSTP, para Asisten Sekda, pimpinan PD, Camat dan sangadi se-Kab. Bolsel. (Holan)

Komentar