Akhir Maret Ini Kesbangpol KK Akan Uji Coba Aplikasi Real Count Untuk Pemilu Serentak

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU Menghadapi pemilihan umum serentak pada April 2019 mendatang, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kotamobagu telah menyiapkan aplikasi perhitungan cepat untuk hasil perhitungan suara disetiap TPS (Tempat Pengumutan Suara) yang ada di Kota Kotamobagu.

Menurut Kepala Kesbangpol Kotamobagu melalui Sekretaris Hendra Makalalag, mengatakan, aplikasi tersebut direncanakan akan diuji coba pada akhir bulan Maret ini.

“Pada tahap uji coba tersebut sekaligus akan disosialisasikan kepada orang-orang yang akan bertugas nantinya disetiap TPS agar mereka paham,” kata Hendra kepada media BoganiNews.com, Jumat (15/3/2019).

Lanjutnya, untuk rekrutmen personil yang akan ditempat TPS itu, suratnya sekarang sudah turun kepada sangadi dan lurah se Kotamobagu.

“Syaratnya harus memiliki Android, karena aplikasinya menggunakan Android sesuai petunjuk Kominfo Kotamobagu, juga aplikasi ini mereka yang buat sebagai bentuk kerjasama dengan Kesbangpol, mereka sebagai operator tapi kita penanggung jawab,” kata Hendra.

Selain itu kata Hendra, guna memaksimalkan program aplikasi real count ini, pihaknya akan membuat pelatihan selama tiga hari bagi personil yang akan bertugas disetiap TPS.

“Pelatihan itu supaya maksimal akan dibagi nanti sesuai Dapil, yakni Dapil I hari pertama, Dapil II hari kedua, dan Dapil III hari ketiga agar tidak berdesak – desakan,” ungkap Hendra.

Ia pun mengatakan, hasil dari perhitungan cepat ini akan sesuai dengan hasil penetapan perhitungan suara di KPU nanti.

“Hasilnya akan sama karena sesuai dengan data di TPS langsung. Kecuali ada perubahan karena persoalan apa, itupun tidak akan jauh berbeda dengan hasil perhitungan lewat aplikasi ini,” tambah Hendra. (Ino)

Komentar