Potensi Rawan di Kotamobagu Akan Dipasang CCTV

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Dinas Komunikasi dan Infromatika (Diskominfo) telah menetapkan 21 titik rawan di Kotamobagu akan dipasang Closed Circuit Television (CCTV) dengan kemampuan analitic. Hal ini untuk meminimalisir hal – hal yang tak diinginkan.

Menurut Kepala Diskominfo Ahmad Yanni Umar, nantinya akan ada kerja antara pihak Polres Kotamobagu dan Diskominfo semacam MoU.

“Ini berkaitan dengan tilang online dan analisis sonar untuk media sosial. Pemkot punya ahlinya,” jelas Yanni usai mendampingi Kapolda Sulut meninjau Data Center dan Command Center milik Pemkot Kotamobagu.

Menurutnya, saat ini Pemkot Kotamobagu baru memiliki 4 kamera CCTV tetapi tahun ini akan ada penambahan 6 CCTV. “Sesuai dengan data dari Ibu Walikota Kotamobagu, untuk Kotamobagu ada 21 titik rawan. Ini yang perlu mendapatkan pengawasan dari CCTV. Saat ini baru ada 4 CCTV yang terpasang, dan tahun ini ada penambahan 6, jadi totalnya 10 Cctv,” ujar Yani.

Sementara itu Kepala Bidang TIK, Yusrin Mantali menjelaskan penambahan 6 Cctv ini akan dilakukan triwulan I. “Lokasinya perlimaan Molinow, perempatan Matali, batas Kota Mongkonai barat, pertigaan Gogagoman, simpang Tiga SDN 1 Kotamobagu, dan simpang 4 Kelurahan kotobangon,” ungkapnya.

Sekadar infromasi, Diskominfo sebelumnya sudah memasang 4 Cctv di perempatan Mogolaing, Bundaran Paris, Taman Kota, dan Depan Kantor Walikota Kotamobagu. (tr01/Ino)