H2M Hadiri Walimatus Safar

BOGANINEWS BOLSEL – Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), H. Herson Mayulu SIP (H2M), Selasa (31/7) menghadiri acara walimatus safar (Syukuran haji) yang di gelar di Desa Pinolosian. Dalam sambutannya H2M berharap acara ini akan menjadi awal yang baik, bagi saudara-saudara yang akan memenuhi panggilan Allah Subhanahu wa Ta’ala, karena sudah mahu berangkat haji.

“Haji itu merupakan tanggung jawab manusia kepada Allah. Syarat pertama yaitu niat. Sesudah punya niat, maka belajar ilmu haji dengan berbagai sudut pandang, sesuai pengkajian masing-masing. Karena masing-masing kita akan merasakan bagaimna nikmatnya haji,” jelas Bupati.

Lanjutnya, untuk syarat kedua harus sehat. Karena ini merupakan ibadah yang membutuhkan kekuatan fisik. “Kemudian ikhlas. Dari sisi ikhlas lupakan semua yang ada, serahkan semuanya kepad Allah. Haji ini adalah salah satu kesempatan bertemu Allah,” katanya.

Dikatakannya, ibadah haji berbeda dengan ibadah lain. Haji adalah ibadah Jasmaniyah, rohaniyah dan amaliyah. “Perbanyak bersedekah di tanah suci. Misalnya membeli Al-quran dan di wakafkan ke masjid. Juga bersedekah kepada fakir miskin,” ucapnya. Selain itu kata H2M, haji juga merupakan ibadah Akliyah, karena akan membuka wawasan tentang islam yang sangat luas.

“Perlu di ingat, ketika sudah memakai baju ikram, jaga mulut dan jangan lagi berbicara fasik. Setelah pakai baju ikram, baru kita kumandangkan kalimat Talbiayah (aku penuhi panggilanmu Ya Allah), karena haji yang Mabrur itu tidak ada balasannya selain surga,” terang Bupati. (Holan)