Pemkot Luncurkan Aplikasi SIKAP Pantau Kehadiran ASN

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota Kotamobagu telah meluncurkan aplikasi Sistem Insentif Kinerja Pegawai (SIKAP). Kegunaan aplikasi ini untuk mengontrol kehadiran Aparatur Sipil Negara (ASN).

Menurut Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Kotamobagu Sahaya Mokoginta, aplikasi berbasis elektronik ini diluncurkan untuk memantau kinerja para ASN dan tenaga kontrak yang bekerja di semua instansi yang ada di lingkup Pemerintah Kota Kotamobagu.

“Dengan aplikasi ini kita dapat memantau ASN atau tenaga kontrak yang rajin atau malas. Bagaimana punishment bagi yang malas-malasan dan bagaimana reward bagi yang berprestasi dan berinovasi akan terlihat dari laporan di aplikasi ini,” terangnya.

Lanjutnya, era digital masuk di berbagai sistem kehidupan termasuk pada sistem tata kelola pemerintahan. Sehingga melalui pemanfaatan teknologi, maka dapat meningkatkan kualitas ASN dan para tenaga kontrak, serta dapat meningkatkan kepercayaan publik. “Setiap ASN dituntut memiliki pemahaman di segala aspek. Terkait penilaian kinerja berbasis elektronik ini, maka tata kelola pemerintahan tetap mengacu pada visi dan misi,” jelasnya.

Selain itu, aplikasi ini dibuat untuk menjadikan sistem penilaian kinerja ASN agar lebih objektif, terukur dan akuntabel. Juga bertujuan mengembangkan sikap disiplin dan tertib administrasi. “Penilaian kinerja ASN bertujuan memberikan pengawasan melalui penyusunan kegiatan setiap hari, bulan dan tahun. Sehingga nantinya pimpinan dapat mengawasi kegiatan yang dilaksanakan bawahannya secara efektif dan objektif,” paparnya.

Ia juga berharap setelah di launchingnya aplikasi SIKAP ini, dapat meningkatkan komitmen, kejujuran dan kedisiplinan masing-masing ASN khususnya di Kota Kotamobagu. “Harapannya dengan adanya aplikasi ini, akan membawa banyak perubahan dikalangan ASN dan tenaga kontrak,” harapnya. (Ino)

Komentar